Kabupaten Agam, Genjot Sertor Wisata.

Destinasi Wisata, Danau Maninjau, Tanjung Raya, Kabupaten Agam,

Agam, Nusantaranews, - Kabupaten Agam, merupaka Daerah yang dilewati Gatis Kaitulistiwa, merupakan Daerah yang memiliki Objek Wisata Alam yang Exsotis dibanding Daerah lain di Sumatera Barat.

Untuk menarik minat para Wisatawan Lokal dan Mancanegara, dirasa perlu Strategi dan Profesionalisme dalam Pengelolaannya, agar tercipta hal yang di inginkan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Gelar dialog dengan Perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se -  Kabupaten Agam,

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga  Kabupaten Agam, Satria, saat ditemui Nusantaranews, di ruang Kerjanya Jum'at (19/3) menjeladkan, Pertemuan ini  membahas beberapa Poin terhadap Eksistensi Kelembagaan, untuk sinerji Program bersama, dan Sinergitas Program Kepariwisataan, baik berkelompok, maupun Asosiasi.

Lanjut, Satria, mengapresiasi semangat Kelompok Sadar Wisata (Baca-Pokdarwis) di Kabupaten Agam, dan pihaknya akan dan telah berjalan membentuk dan menyusun Pengurus Asosiasi Pokdarwis, diberbagai Pelosok Kabupaten Agam, dengan adanya Asosiasi Pokdarwis ini, kita dapat menginventarisir Objek Wisata yang ada di Daerah masing.

Selama ini, ada beberapa Pokdarwis yang sudah lama di kukuhkan, namun sekarang tidak aktif lagi, diperkirakan  dampak dari pertukaran Kepengurusan serta masa jabatan, dan ada juga beberapa Pokdarwis yang sudah dibentuk, namun belum dilegalisasi Pemerintah Nagari, terang Satria.

Karena itu, melalui Asosiasi ini, diharapkan dapat menggerakkan kembali semangat sadar wisata Pokdarwis yang tidak fakum tersebut untuk ikut andil dalam pengelolaan objek wisata yang merupakan asset Daerah.

Langkah ini juga berkaitan dengan Kebijakan Kepala Daerah (Bupati Agam-red) dalam visi dan misinya, yang mengutamakan Pembangunan di Sektor Pariwisata, "ungkap Satria.

Kedepan rencanaannya akan membangun Taman Safari di Daerah Canduang, dan  Membangun Gandola (Baca-Kereta Gantung) dari Puncak Lawang ke Maninjau, Membangun Masjid Terapung di Objek Wisata Tiku, karena Kepala Daerah sangat mendukung Kemajuan Sektor Pariwisata di Kabupaten Agam”, terang Satria.

Karena itu, Satria juga berharap bukan hanya dari Instansi Pemerintah saja yang terlibat, tapi Masyarakat setempat juga ikut andil untuk mendukung Bangkitnya Pariwisata di Kabupaten Agam, terutama Asosiasi Pokdarwis ini, "Pungkas orang Nomor Satu di Disparpora Agam ini.

Pada pertemuan itu, Satria juga menyerahkan Keputusan tentang Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Agam dan Calendar Of Event tahun 2021, saat ini Dinas Paspora tengah merencanakan Kegiatan Jambore, bertujuan untuk mendorong Lokasi tempat dilaksanakan Kegiatan tersebut agar dapat jadi "Desa Wisata".

Yang mana Kegiatan itu nantinya, selain didominasi Adisiasi Wisata diharapkan juga melibatkan Asosiasi Home Stay, dan Ekonomi Kreatif, sebagai Peserta Jambore, dengan alasan Tiga Asosiasi ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam Membangun Sektor Pariwisata di Agam.(Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post