Esensi Khilafah Bagi Umat



Oleh: Ernawati, A.Md
(Anggota Forum Muslimah kota Banjarbaru)

Akhir-akhir ini santer terdengar kata khilafah. Namun masih banyak yang belum memahami apa itu khilafah dan apa esensinya bagi umat.

Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi kaum muslim di dunia untuk melaksanakan hukum-hukum Islam dan mengemban dakwah ke seluruh alam. Sejatinya antara syariah atau ajaran Islam secara kafah tidak bisa dilepaskan dengan khilafah.

Menegakkan khilafah hukumnya wajib berdasarkan ijmak para ulama. Khususnya ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja). Imam al-Qurthubi menegaskan, “Tidak ada perbedaan pendapat mengenai kewajiban tersebut (mengangkat khalifah) di kalangan umat dan para imam mazhab, kecuali pendapat yang diriwayatkan dari al-'Asham (yang tuli terhadap syariah) dan siapa saja yang berkata dengan pendapatnya serta mengikuti pendapat dan mazhabnya" (Al-Qurthubi, Al-Jami' li Ahkam al-Qur'an, 1/264). Demikian pula Imam an-Nawawi menyatakan, “Mereka (para imam mazhab) telah bersepakat bahwa wajib atas kaum muslim mengangkat seorang khalifah,” (An-Nawawi, Syarh Sahih Muslim, 12/205). Sementara menurut Imam al-Ghazali, "Kekuasaan itu penting demi keteraturan agama.

Keteraturan agama penting demi keberhasilan mencapai kebahagiaan akhirat. Itulah tujuan yang pasti dari para nabi. Karena itu kewajiban adanya Imam (Khalifah) termasuk hal-hal yang penting dalam syariah yang tak ada jalan untuk ditinggalkan "(Al-Ghazali, Al-Iqtishad fi al-I'tiqad, hlm. 99). Bahkan dalam kitab fikih yang terbilang sederhana namun sangat terkenal, dengan judul Fiqih Islam karya Sulaiman Rasyid, dicantumkan juga bab tentang kewajiban menegakkan khilafah. Bab tentang Khilafah juga pernah menjadi salah satu materi pelajaran di buku-buku madrasah (MA/MTs) di Tanah Air.

Penegakan khilafah sendiri memiliki tiga esensi. Pertama, khilafah adalah penerapan syariah Islam secara kaffah (QS al-Baqarah : 208) dalam seluruh aspek kehidupan. Kedua, khilafah adalah ukhuwah dan rahmat (QS al-Anbiya : 107). Dengan khilafah kaum muslim akan bersatu dalam satu kepemimpinan. Bahkan khilafah akan memberikan perlindungan yang maksimal kepada setiap warga negara, meski beda ras dan agama dalam satu naungan pemerintahan yang adil dan beradab.

Para cendikiawan Barat yang notabene nonmuslim pun mengakui gemilangnya peradaban Islam di bawah khilafah yang telah memberikan kesejahteraan bagi seluruh manusia tanpa kecuali. Dan esensi yang ketiga, adalah dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin (QS Ali Imran : 104). Dakwah adalah ajakan dan seruan menuju jalan Allah SWT tanpa kekerasan dan paksaan. Karena itu dakwah Islam oleh khilafah berbeda dengan imperialisme kapitalis dan revolusi komunis, yang keduanya menyisakan kesengsaraan manusia. Dengan tiga esensi utama khilafah, tegaknya khilafah adalah kebaikan bagi semua manusia dan akan menjadi rahmat bagi alam semesta. Karena itu melabeli khilafah sebagai berbahaya adalah upaya demonologi atau monsterisasi ajaran Islam.

Wallahu a'lam bisshawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post