Perang Melawan Corona, Satgas Relawan Bagikan Masker

Pembagian masker gratis kepada masyarakat dengan door to door

Pati, nusantaranews.net - Perang melawan penyebaran Covid-19 sedang gencar-gencarnya dilakukan diseluruh wilayah Kabupaten Pati hingga sampai tingkat desa secara serentak untuk memutus rantai penyebaran virus yang mematikan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Sokokulon Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati hari ini dengan membagikan masker berbahan kain yang diberikan secara gratis oleh Satgas Relawan Covid-19 desa setempat kepada warga Desa Sokokulon dengan sistem door to door atau mendatangi dari rumah kerumah. Senin,13/04/2020.

Satgas Relawan Covid-19 Desa Sokokulon yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, para ketua RT, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Bidan desa dan Karang Taruna ini membagikan sebanyak 3000 masker kepada seluruh masyarakat Desa Sokokulon.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa dan Babinkamtibmas juga turut menyampaikan himbauan yang disampaikan secara langsung kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah tentang Physical Distancing dan Social Distancing dengan mengurangi aktivitas diluar rumah untuk meminimalisir resiko terpapar virus dengan menunda sementara waktu segala bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang berpotensi mengumpulkan massa seperti hajatan, arisan, tahlilan, hiburan dan sejenisnya.

Tim satgas relawan juga menyampaikan agar warga selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas di luar rumah terutama saat berinteraksi dengan orang lain, dan selalu mencuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir sebelum dan setelah aktivitas.

Serka Sunarto Babinsa Desa Sokokulon dan kawan-kawan juga menghimbau apabila terdapat warga yang pulang dari perantauan atau dari luar daerah, terutama dari wilayah yang sudah terpapar Covid-19 agar melaporkan diri ke Posko “Satgas Relawan Desa Lawan Covid-19” sehingga terdata dan diketahui untuk memudahkan pemantauan oleh satgas desa  setelah dilakukan karantina secara mandiri selama 14 hari.

Dihubungi media, Kades Sokokulon Masrikan menyampaikan, hari ini membagikan masker yang berbahan dari kain untuk seluruh warga desa  sebagai upaya dari satgas desa untuk memutus penyebaran virus Corona.
“Selain membagikan masker, kami juga selalu mengingatkan kepada masyarakat yang baru datang dari perantauan agar melapor kepada satgas dan mengisolasi secara mandiri dan apabila selama karantina mengalami gangguan kesehatan seperti gejala Covid-19 agar melaporkan diri melalui telepon kepada satgas untuk dilaksanakan pemeriksaan medis di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat,” jelas Masrikan.
(m@s/snpt)

Post a Comment

Previous Post Next Post