Kenapa Harus Belajar Bahasa Arab?

Penulis : Verawati S.Pd
(Praktisi Pendidikan dan Pengarus Opini Islam)

“ Ndok aku kepengen ke Pamulang bawa sepeda (motor) sendiri, aku minta petunjuk arahnya ya?” Ucap Bapak mertua yang sedang berkunjung keanak yang keduanya di Depok. Kemudian saya jawab “ Mbah pakai google map saja, ikutin saja petunjuknya pasti sampai”. “ lha aku ora mudeng pakai koyo ngono (google map) “ jawab mertua.  

Mungkin seperti itulah kiranya kondisi umat Islam saat ini. Memiliki petunjuk (Al-quran dan As-sunah) tapi tidak bisa membaca dan memahami isinya. Sehingga kondisinya mengalami kebingungan dan kemerosotan dalam berbagai aspek kehidupan. Hidup dalam keterjajahan dan kemiskinan serta menjadi pembebek Barat.  Artinya  kaum muslim  tidak bisa mencapai tujuan yang hakiki yaitu hidup mulia atau mati syahid.   

Apa penyebab dari kemunduran Islam dan kaum muslim tersebut? Salah satunya adalah umat tidak lagi mempelajari bahasa arab. Bahasa Arab ditinggalkan. Bahkan sampai seruan adzanpun tidak boleh menggunakan bahasa Arab.  Mereka lebih bangga belajar bahasa Inggris atau Eropa. Padahal bahasa arab adalah kunci atau alat dasar untuk memahami Alquran dan As-sunah.  Inilah salah satu penyebab kemunduran Islam. 

Maka sangat perlu bagi kita untuk bertanya kenapa harus belajar bahasa Arab. berhenti sejenak untuk berfikir dan merenung tentang jawaban yang tepat. Maka disinilah kita akan benar-benar sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan tersebut adalah termasuk ke dalam kategori hukum yang mana?. Sekaligus seberapa penting hal tersebut untuk kita lakukan. Bila sudah terjawab maka hal ini akan menjadi dorongan terbesar atau energi yang akan menggerakkan kita untuk melangkah meski ribuan godaan datang menghalangi.

Kita tahu bahwa hukum perbuatan ada lima yakni wajib, sunan,mubah, haram dan makruh. Maka termasuk kategori manakah aktivitas belajar bahasa Arab? Ibnu Taimiyah berkata " sesungguhnya memahami kitab dan as-sunah adalah wajib dan keduanya tidak akan bisa difahami kecuali dengan bahasa Arab. dan apa-apa yang tidak bisa terpenuhi terpenuhi sebuah kewajiban kecuali dengannya, maka hal tersebut adalah wajib". 

Bahasa Arab adalah kunci atau password untuk bisa memahami Alquran dan as-sunah dan hukum memahami alquran adalah wajib. Maka jelas hukum mempelajari bahasa Arab adalah wajib. Para uama berpendapat bahwa kewajiban ini bersifat Fardu a'in (wajib atas setiap individu). Karena setiap individu muslim berkewajiban untuk memahaminya Al-Qur'an dan as-sunah. Inilah landasan utama kenapa kita harus belajar bahasa Arab.

Selain itu, banyak sekali urgensinya. Diantaranya adalah : Pertama, bahasa Arab adalah bahasa untuk syiar Islam. Kedua, bahasa Arab juga bahasa persatuan kaum muslim atau bahasa dunia. Ketiga, bahasa Arab adalah bahasa Peradaban Islam. Keempat, bahasa Arab adalah bahasa ilmiah. salah satu ilmuan dari barat yang menemukan keajaiban Al-Qur'an adalah Jaques Yves Cousteau . Seorang Oceanografer berkebangsaan  Prancis,  telah  mengungkap pertemuan dua laut yang  tidak bercampur. Ia meneliti pertemuan  Samudra Atlantik dan Mediterania yang  tidak bercampur satu dengan yang lain. Penelitian ini dilakukannya ketika melakukan  eksplorasi di bawah laut. Ia menemui  kumpulan mata  air tawar yang tidak  bercampur dengan air laut. ''Seolah-olah  ada dinding yang membatasi kedua aliran  air itu,'' ujarnya Cousteau.

Sang ilmuwan pun mencoba mempelajari  ilmu kelautan untuk memecahkan misteri  tentang fenomena ganjil tersebut, namun  tak pernah membuahkan hasil. Ia pun  menceritakan hal ganjil itu kepada  seorang profesor Muslim. Terkejutlah  Cousteau ketika sang profesor Muslim  menceritakan bahwa fenomena itu telah  dijelaskan Alquran 14 abad silam. Tepatnya dalam surat Ar-Rahman ayat 19-20. Padahal surat ini sangat sering kita baca, namun karena tidak memahami isi dan kandungannya sehingga sikap kita biasa-biasa saja. 

Masih banyak kemu’zijatan Al-quran dan rahasiah-rahasiah di dalamnya yang belum terungkap. Apabila itu terungkap maka teranglah kehidupan ini.   Maka dari itu mari kita hidupkan kembali semangat belajar bahasa Arab. Kita tunaikan kewajiban mempelajarinya. Semoga Islam dan Kaum Muslim bisa kembali menempati posisi mulia, menjadi khoiru Ummat (umat terbaik) dari seluruh aspek kehidupan serta memimpin dunia dengan peradaban Islam yang agung di bawah Naungan Daulah Khilafah.

Wallahu ‘alam bishoab

Post a Comment

Previous Post Next Post