Kenalkan Seni Bonsai Kepada Anak Anak



PATI – Dalam Rangka  menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia, Kodim 0718/Pati bersama dengan KOBOI (Komunitas Bonsai) Kabupaten Pati mengadakan pameran Bonsai di gedoeng Joeang 45 Kabupaten Pati. Pameran tanaman bonsai yang digelar oleh Komunitas Koboi dijadwalkan berlangsung selama enam hari mulai dari tanggal 25 sampai 30 september 2019 dengan menampilkan hasil tanaman bonsai yang menjadi koleksi dari anggota komunitas bonsai (Koboi). Jumat,27/09/19


Menurut keterangan dari Bambang  salah satu panitia pameran dari komunitas koboi ini menyediakan sekitar 40 tanaman bonsai yang sudah jadi atau siap kontes.
“Yang sudah disiapkan itu, dari berbagai macam jenis tanaman baik dari impor maupun lokal, ada Black Pine, Lohansung pupus merah, Cincuan, Juniperus Sinensis dan tanaman jenis yang lain”, ujarnya


Kegiatan pameran ini selain untuk memperkenalkan tanaman bonsai kepada masyarakat luas juga sebagai ajang edukasi kepada pelajar. Salah satunya kinjungan dari anak anak TK Pertiwi 01 Pati. Menurut pendidik dari TK Pertiwi Pati bunda Hesti Pertiwi, S.Pd kegiatan ini selain untuk edukasi bagi anak didiknya juga sebagai ajang rekreasi edukasi.
“ Kami sengaja mengajak anak anak untuk melihat apa itu tanaman bonsai sehingga anak anak tahu ternyata ada tanaman yang bentuknya kerdil atau dikerdilkan,” Ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu dari orang tua murid, ibu Ulin yang mendampingi buah hatinya juga mengatakan hal senada, selain sebagai ajang rekreasi juga memberikan pengetahuan.
“ Saya tidak tahu apa itu bonsai, tapi setelah melihat di pameran ini saya jadi mengerti ternyata bonsai itu indah untuk dilihat,” Tuturnya.




Dalam acara ini, juga disediakan tanaman yang akan menjadi bakal atau bahan serta bibit tanaman yang akan dibentuk menjadi bonsai sehingga para pengunjung pameran bisa membeli bonsai yang sudah jadi maupun bakal bonsai.
Nilai seni, keunikan serta karakter sebuah pohon bonsai akan mempengaruhi nilai jual tanaman tersebut, karena tiap perorangan memiliki penilaian tersendiri, kadang juga pemilik bonsai tersebut juga mengkaitkan dengan nilai serta filosofi tertentu. (sol/pdmpati)

Post a Comment

Previous Post Next Post