Dinas DPMD Gelar Pelatihan Perangkat Desa Dan BPD Se Kabupaten Sarolangun

N3,Sarolangun - Guna meningkatkan kapasitas Aparatur Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun menggelar Pelatihan Perangkat Desa Dan BPD se- Kabupaten Sarolangun, Senin (9/9/2019) di Aula Hotel King Sarolangun.

Acara tersebut dihadiri Asisten I Pemkab Sarolangun Arief Ampera yang sekaligus membuka acara. Turut hadir Kepala Dinas PMD Mulyadi, Perangkat Desa seperti Sekdes dan BPD.

Asisten I Arief Ampera mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan menjadi satu acuan bagi Perangkat Desa maupun BPD dalam hal melaksanakan kegiatan pembangunan di desanya masing-masing. Karena dengan dana yang sangat besar tanpa perencanaan yang baik kita khawatir tidak tepat sasaran.

" Dengan diadakan pelatihan ini kita berharap Perangkat Desa maupun DBD mengetahui dan memahami perannya sebagai apa di desa itu dan akan dibuat apa Dana Desa yang ada," sebutnya.

Ia juga menyebutkan, kepada aparat pemerintahan desa secara umum mereka harus paham tentang hukum. Karena dengan mengetahui hukum, maka penyimpangan-penyimpangan dapat diminimalisir.

" Artinya sekarang ini pengetahuan secara hukum dalam mengelola Dana Desa, inilah yang menghindari dari penyimpangan-penyimpangan. Dengan tidak adanya penyimpangan kita berharap Desa dapat maju seperti yang diharapkan," harap Arief Ampera.

Sementara Kepala Dinas PMD Sarolangun Mulyadi mengatakan, Pelatihan Perangkat Desa dan BPD guna memberi pembekalan supaya seluruh perangkat desa memiliki pengetahuhan dalam rangka menjalan tugas, teknis, pertanggungjawaban keuangan dan tata cara pembuatan tentang laporan supaya tidak terkendala dengan masalah hukum.

Dalam acara tersebut Dinas PMD Sarolangun menggandeng Kejari Sarolangun sebagai narasumber. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post