Kenalkan Budaya Wayang Kepada Anak-Anak Desa Sasaran TMMD


N3, DEMAK – Benar-benar visioner yang dilakukan Babinsa Kalikondang, Kodim 0716/Demak, Serma Paijan, saat bertugas di "arena" TMMD reguler ke-195 Kodim 0716/Demak.

Tidak hanya sekedar sosialisasi, ikut bekerja, melainkan beberapa keteladanan dan kepedulian ditularkan kepada anak-anak yang ada di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Salah satunya dalam rangka nguri-nguri budaya Jawa, Serma Paijan kenalkan salah satu khasanah budaya Jawa, yakni wayang kulit.

Dengan menggelar koran di sebuah areal lapangan kosong, bak seorang dalang, Serma Paijan memainkan adegan goro-goro yang melibatkan sejumlah tokoh punakawan. 

Tak pelak, dengan aksinya itu, begitu antusiasnya anak-anak Desa Kalikondang untuk menonton daan memperhatikan wayang yang dimainkan Serma Paijan. Bahkan ada seorang anak berumur 2 Tahun, Ferdian mencoba untuk  memainkan wayang yang dikenalkan oleh Serma Paijan.

" Dengan mengenalkan wayang kulit saya berharap anak-anak terutama generasi penerus tidak .melupakan kesenian wayang yang merupakan seni peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia,'' harap Serma Paijan.
 (Pendim 0716/Demak)
Previous Post Next Post