Jemaah Haji Kabupaten Pasaman, Ikuti Test kebugaran



Pasaman - nusantaranews.net, 
Sebanyak 256 calon jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pasaman pada Tahun 2019 mengikuti tes kebugaran di Gedung Olah Raga (GOR) Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Kamis (28/03/20194) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman. 
Mereka melakukan check up kesehatan dan diingatkan mengenai pentingnya menjaga pola hidup sehat sebelum berangkat ke Tanah Suci.
Kepala Kankemenag Pasaman H.Dedi Wandra S.Ag MA, menjelaskan tes kebugaran yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman bertujuann untuk mengetahui lebih jauh tentang kondisi kebugaran calon jemaah Haji ditahun 2019.
Apabila ada penyakit yang perlu penanganan dan pemantauan lebih lanjut sejak jauh hari sudah diketahui. “Dengan demikian calon jemaah haji benar-benar siap ketika hendak melaksanakan ibadah haji secara kesehatan,” sedangkan untuk kelengkapan administrasi seperti paspor biaya tidak di fasilitasi negara, ungkapnya
“Calon Jemaah Haji (CJH) membiayai sendiri pembuatan paspor sekarang tidak di fasilitasi oleh negara lagi,” sebut Dedi.
Sementara Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis  SH.M.Si, mengatakan dalam sambutannya selamat kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasaman bahwa Kesehatan itu perlu untuk di perhatikan dalam melaksanakan ibadah.
“Kegiatan tes kebugaran yang di fasilitasi tenaga Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman ini supaya jamaah haji sadar akan pentingnya kesehatan supaya fisik kuat dan budayakan hidup bersih,” sebut Bupati Pasaman.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Amdarisman S.Km, melali via WathsApp menerangkan, salah satu rangkaian pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji adalah pembinaan kebugaran dengan metode rock port. Pembinaan kebugaran kesehatan ini, bukan ajang kompetisi tapi berupa jalan santai, jalan cepat ataupun lari yang dilakukan sesuai kemampuan dan kondisi tubuh.
”Dengan dilakukan tes kebugaran kesehatan tersebut, diharapkan calon jemaah calon haji maupun petugas haji dapat mengetahui tingkat kebugaran kesehatan dan jenis aktivitas fisik yang sesuai tingkat kebugaran. Ini juga sebagai upaya latihan aktivitas fisik jalan kaki untuk persiapan ibadah di tanah Suci Mekkah,” terang Amda.
Hasil yang diharapkan dalam tes kebugaran ini, berupa kriteria kebugaran calon jemaah haji akan meningkat serta mampu menjadi jemaah haji yang mandiri.
Dari pantaun awak media tampak hadir dalam acara ini Bupati Pasaman H Yusuf Lubis,kepala Dinas kesehatan Amdarisman S.Km, kakan Kemenag H Dedi wandra Sag. MA.   dan Kepala bidang tenaga kesehatan Dr Arnida.  { In Psm }
Previous Post Next Post