Walikota Padang Mahyeldi Resmikan Kantor Baru Saber Pungli



Komitmen pencegahan dan pemberantasan pungutan liar atau dikenal pungli di Kota Padang tidak main-main. 

Hal itu telah dimulai semenjak tahun 2017 dengan dibentuknya Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Banyak hal yang telah dilakukan oleh Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang dalam upaya mengedukasi masyarakat terhadap pencegahan pungli. 

Upaya-upaya pencegahan tersebut tidak saja dalam bentuk memberikan pemahaman kepada masyarakat berupa sosialisasi, tetapi juga penindakan terhadap pelaku yang terbukti melakukan praktek pungli. Demikian dikatakan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah sewaktu meresmikan Posko Saber Pungli Kota Padang yang berlokasi di Markas Komando (Mako) Sat Pol PP Padang, Kamis siang (19/7).

Mahyeldi pun berharap dengan tegas agar Kota Padang bebas dari setiap bentuk praktek pungli. Baik oleh aparatur sipil negara (ASN), maupun oleh masyarakat atau kelompok masyarakat. Sebab selain bertentangan dengan aturan hukum negara juga tidak dibolehkan dalam agama. 

“Oleh sebab itu, kita semua perlu kerja keras untuk terus-menerus menekannya sehingga kota yang cintai ini terbebas dari praktek pungli. Untuk lebih optimalnya pelaksanaan tugas Tim Saber Pungli tentu harus didukung oleh sebuah posko representatif yang berfungsi sebagai sekretariat tim. Alhamdulillah, hari ini kita resmi memiliki posko, semoga dapat melancarkan fungsi-fungsi setiap kelompok kerja (pokja) ke depan,” harap wako dalam kegiatan yang dihadiri Wakapolresta Padang, AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang juga Ketua Tim Saber Pungli Kota Padang itu. 

Seperti diketahui, fungsi-fungsi dari Tim Saber Pungli Kota Padang beberapa diantaranya seperti fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi. Sebagaiman unsur yang terlibat dalam Tim Saber Pungli yakni Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan OPD terkait di lingkup Pemko Padang.

“Semoga keberadaan Posko Saber Pungli ini akan memberikan keefektifan dan keefisienan masing-masing pokja dalam melakukan koordinasi secara intens. Baik dalam merumuskan kebijakan dan program serta solusi-solusi terkait mengatasi dan mencegah pungli di kota ini. 

Lebih lanjut kata walikota, atas nama Pemerintah Kota Padang juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Tim Saber Pungli yang telah bekerja keras melakukan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan praktek-praktek pungli di Kota Padang. Baik melalui sosialisasi yang tidak henti-hentinya di lingkungan sekolah, kelurahan dan kelompok masyarakat. 

Tak hanya itu, Tim Saber Pungli Kota Padang juga telah melakukan penindakan seperti pada waktu libur lebaran lalu. Penindakan itu tidak saja pada tempat-tempat wisata namun juga pada kawasan fasilitas umum lainnya seperti di kawasan pasar, Gor H. Agus Salim dan beberapa pusat perbelanjaan. 

“Upaya penindakan ini demi memberikan efek jera kepada masyarakat dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga bagi pengunjung yang datang ke Kota Padang,” tandas wako 

Sementara, Ketua Tim Saber Pungli Kota Padang AKBP Kobul Syahrin Ritonga menyampaikan keberadaan Posko Saber Pungli tersebut sangat penting dan strategis bagi kelancaran tugas tim ke depan dalam pemberantasan pungli. 

“Posko ini ke depannya secara bertahap akan kita lengkapi berbagai fasilitasnya disertai dukungan anggaran sehingga dapat berfungsi secara maksimal,” sebutnya didampingi Wakil I Satgas Saber Pungli Kota Padang, Corri Saidan. 

Dalam peresmian Posko Saber Pungli Kota Padang ini juga dihadiri Kapolresta Padang, Dandim 0312/Padang, Kajari Padang serta pimpinan OPD terkait. (th)
Previous Post Next Post