Siswa SD di Kab. 50 Kota Raih Prestasi Pada Olimpiade Sains Nasional Nasional

N3 Limapuluh Kota - Kabupaten Limapuluh Kota terus menunjukan kebolehannya di bidang pendidikan. Baru-baru ini, sejumlah murid Sekolah Dasar di daerah yang dipimpin Bupati H. Irfendi Arbi ini lolos dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional.

Pejabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Indrawati Munir, S.Pd, M.Pd didampingi Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dikdas Hendra, M.Pd, mengatakan, siswa yang lolos lomba OSN tingkat nasional itu masing-masingnya Novrizal Putra dari SDN 01 Koto Tuo dan Lofesradwa Entoni murid SDN 02 Taram Kecamatan Harau.

“Novrizal Putra berhasil menempati rangking 21 dari 136 peserta lomba tingkat nasional bidang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan Lofesradwa Entoni berada pada urutan 51 dari 136 kandidat tingkat nasional bidang Matematika,” ungkap Indrawati kepada wartawan usai acara safari Ramadhan di Masjid Akhdhar Kenagarian Situjuah Ladang Laweh Kecamatan Situjuah Limo Nagari, kemaren.

Dikatakan, hal itu sesuai dengan isi surat Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Nomor : 969/D2/TU/2018 tanggal 22 Mei 2018.

Selain masuk daftar lomba bidang IPA dan Matematika tingkat nasional, siswa dari Kabupaten Limapuluh Kota atas nama Chikyta Naya Hayada asal SDN 02 Talang Maua Kecamatan Mungka juga sukses meraih juara 2 lomba melukis tingkat Sumatera Barat.

Tak kalah mengembirakannya, lanjut Indrawati, salah seorang siswa SMPN 2 Kecamatan Akabiluru Fuji Akhiari berhasil menempati peringkat 24 dari 3.500 siswa peserta ujian nasional se-Sumatera Barat tahun 2018. Dalam ujian nasional tersebut, Fuji mampu meraih nilai sebesar 355 untuk empat mata pelajaran.

            “Peringkat 24 dari ribuan peserta ujian nasional di Sumatera Barat ini merupakan perolehan nilai terbaik bagi Kabupaten Limapuluh Kota. Sebelumnya, siswa daerah ini belum mampu menempati peringkat di bawah urutan 100,” sela Hendra.

Begitu pula pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (SNBK) tingkat SLTP, daerah ini menempati urutan ke delapan dari 19 kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Sedangkan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan dan Pensil (UNKP) peringkat 4. (Rahmat Sitepu)

Post a Comment

Previous Post Next Post