22 Puskesmas Padang Tak Siap

Kotapadang, Sumbar, Nn ~ Ternyata, dalam pelaksanaan Jaminan Sosial (BPJS) yang telah berjalan pada 1 Janurai 2014, DPRD Kota Padang menilai 22 puskesmas belum siap melaksanakan program tersebut. Kondisi ini terlihat dari kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang belum memadai.

Hal ini terungkap pada sidang pembahasan APBD Padang bidang kesehatan yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi IV DPRD Padang Azwar Siry di gedung DPRD siang ini.

Oleh karena itu, diminta kepada Dinas Kesehatan Kota Padang agar dapat serius mempersiapkan segala kekurangan yang ada, dan juga tidak terlepas dari dukungan anggaran dan waktu untuk mempersiapkannya.

Sementara ini, data dari Dinas Kesehatan Kota Padang, jumlah peserta jaminan kesehatan masyarakat di Padang mencapai 187.000 jiwa. Dan untuk jaminan kesehatan daerah sebanyak 86.948 jiwa.

Sesuai ketentuan yang telah ada, dijelaskan bahwa setiap puskesmas-puskesmas wajib melayani dan mendiagnosa 155 penyakit. Sementara, data terhimpun dilapangan, masih banyak belum memenuhi syarat. Seperti ketersediaan peralatan dan SDM dari 22 puskesmas dari segi peralatan diperlukan peningkatan dan perbaikan, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Eka Lusti mengakui, memang dalam segi peralatan kita masih kurang. Tetapi, kita menyepakati, apapun bentuknya, siap tidak siap JKN harus tetap dilaksanakan disetiap puskesmas yang berada di Kota Padang, tegasnya.**
Previous Post Next Post