Fauzi: Cawako Harus Teladani Bagindo Aziz Chan

Padang, Nn -- Walikota Padang Fauzi Bahar menghimbau kepada Calon Walikota (Cawako) Padang periode 2014-2019 untuk meneladani perjuangan Bagindo Aziz Chan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekan.

“Terutama yang harus diteladani Cawako adalah akhlak Bagindo Aziz Chan, serta tekad bulat beliau membela tanah air,” tegas Fauzi setelah Upacara Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan ke 66 di Pelataran parkir GOR Agus Salim, Jumat (19/7).

Lebih lanjut dijelaskan, Bagindo Aziz Chan merupakan Walikota Padang yang ke-2 (15 Agustus 1946 – 19 Juli 1947) yang terkenal dengan kalimat “Langkahi mayat saya dahulu, baru Belanda dapat memperluas wilayah kekuasaan”, dikenal pemberani dan dekat dengan masyarakat, serta pantang menyerah demi mempertahankan kehormatan bangsa dan negara.

Ditambahkan, penganugrahan Pahlawan Nasional kepada Bagindo Aziz Chan melalui Kepres RI No. 082 Tahun 2005, tepatnya 15 November 2005 telah menjadi kebanggaan yang sangat luar biasa bagi masyarakat Sumatera Barat umumnya dan Kota Padang khususnya.

“Berbagai persoalan yang tengah kita hadapi saat ini dikarenakan lemahnya pemahaman dan penghayatan sebagian kita dalam memahami nilai kepahlawanan, perjuangan dan kesetiakawanan sosial,” terang Fauzi.
Dikesempatan itu Fauzi mengajak untuk senantiasa memantapkan komitmen moral untuk menyatukan tekad dan langkah guna mewujudkan cita-cita Bagindo Aziz Chan dengan bekerja keras, ulet, jujur, serta penuh pengabdian kepada masyarakat.

“Untuk itu, bagi warga Kota untuk memperhatikan akhlak dan akidah dalam memilih Cawako, sebagaimana akhlak yang dimiliki Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan,” himbau Fauzi.

Dikesempatan itu, Walikota Padang menyerahkan satu unit sepeda motor kepada SMK Taruna 1 Padang sebagai peserta terbaik Napak Tilas perjuangan Bagindo Aziz Chan. Kegiatan tersebut dimulai sejak Kamis malam (18/7) di Halaman Kantor Gubernur Sumbar yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Kegiatan itu didukung oleh KNPI Kota Padang.

Upacara Peringatan Gugurnya Pahlawan Nasional Bagindo Aziz Chan ke 66 di Pelataran Parkir GOR Agus Salim dihadiri langsung oleh Ineke anak dari Bagindo Aziz Chan, suami Ineke dan 3 orang cucunya. Lil
Previous Post Next Post