Mahyeldi Serahkan Alat Bantuan Pertanian

Nn, Padang -- Potensi pertanian untuk lahan sawah di Kota Padang masih cukup besar. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) setempat, luas sawah saat ini sekitar 6.812 ha dengan produksi padi per hektar mencapai 7 ton setiap panen. Saat ini masih terus dipacu untuk mencapai kenaikan produksi hingga di atas 5 persen per tahun.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Dispernakbunhut Haryanto Rustam, Kamis (18/4), di Kampung Surau Cangkeh, Korong Gadang, Kuranji. Pada Kesempatan tersebut Wawako menyerahkan bantuan berupa 1 unit hand traktor, 1 unit pengipas gabah, 2 tong 'palambuik' padi serta pupuk kepada Kelompok Tani (Keltan) Sukamaju. Bantuan tersebut merupakan dana kontingensi Kementerian Keuangan RI.

Mahyeldi menjelaskan, diserahkannya bantuan berupa alat pertanian dan pupuk kepada keltan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksinya. Sehingga menjadi motivasi bagi keltan yang lain untuk berusaha meningkatkan produksi pertaniannya sehingga memancing perhatian berbagai pihak untuk memberikan drongan dan bantuan, termasuk dari pemerintah sendiri. 

"Dengan adanya sarana yang lebih modern dalam menggarap lahan dengan sendirinya akan memperluas garapan dan terjadi percepatan dalam pengolahan lahan. Ditambah lagi adanya bantuan pupuk sehingga peningkatan hasil pertanian akan lebih baik lagi,"ujar Mahyeldi.

Sementara itu Ketua Keltan Suka Maju, Muchrizal mengaku dengan adanya perhatian pemerintah terhadap kelompok tani berupa pupuk dan peralatan, maka ia dan yang lain optimis dapat meningkatkan hasil pertanian mereka.

"Kami rasa ini sebuah bentuk perhatian dari pemerintah terhadap petani di Kota Padang. Kami berharap, dengan adanya bantuan alat dan pupuk ini, kami akan dapat meningkatkan hasil padi kami,"terang Mahyeldi.

Ia menerangkan, saat ini keltan Suka Maju terdiri dari 45 orang anggota dengan luas lahan garapan hampir 20 hektar.

"Ke depan kami akan berusaha untuk meningkatkan luas garapan dan dengan target produksi yang lebih besar lagi," tandasnya. rel/bustam

Previous Post Next Post