Pembukaan MTQ Lubeg Diguyur Hujan,

Nn, Padang -- Dibawah guyuran hujan lebat, para khafilah yang berasal dari 13 kelurahan di Kec. Lubuk Begalung tetap antusias mengikuti acara pembukaan MTQ 35 tingkat Kec. Lubuk Begalung, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Padang DR. Fauzi Bahar, M.Si.

Kec. Lubuk Begalung merupakan kecamatan ke 6 yang menyelengarakan MTQ ke 35 tingkat kecamatan, yang sebelumnya secara berurutan juga telah diselenggarakan oleh Kec. Bungus Teluk Kabung, Kec. Padang Selatan, Kec. Koto Tangah, Kec. Padang Barat, dan Kec. Padang Timur.

Disela-sela pembukaan Fauzi Bahar menjelaskan, bahwa dengan MTQ ke 35 diharapkan dapat meningkatkan kualitas qori dan qori’ah dan sebagai wadah untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman isi kandungan Al-Quran. Disamping itu MTQ juga merupakan wadah silaturrahmi antara masyarakat se-Kec. Lubuk Begalung. 

Turut dihadiri Kemenag Kota Padang, Pimpinan SKPD Kota Padang, Camat Lubuk Begalung, Lurah se-Kec. Lubuk Begalung, RT/RW, LPM se-Kec. Lubuk Begalung, Muspika, KAN, Bundo Kanduang, dan Tokoh Masyarakat.  

“Membaca Al-Quran akan mendapatkan pahala, bahkan mendatangkan ketenangan dan kesejukan, bukan hanya kepada pembacanya sendiri melainkan juga bagi orang-orang yang mendengarnya”, ujar Fauzi.

Ditambahkan Fauzi, menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga dan memelihara serta mendalami isi Al-Quran sebagai pedoman hidup. Dengan cara membudayakan magrib mengaji di rumah tangga, mendukung program-program pemerintah tentang wajib pandai baca tulis Al-Quran, pelaksanaan pesantren ramadhan, wirid remaja dan didikan subuh.

“Program-program tersebut merupakan upaya pembinaan mental dan spiritual masyarakat, khususnya generasi muda”, tegas Fauzi.  

Sementara itu, ketua pelaksana MTQ ke 35 Kec. Lubuk Begalung Drs. Yanli menjelaskan, MTQ ke 35 tingkat Kec. Lubuk Begalung diselenggarakan dari tanggal 7-9 Maret di Kel. Pagambiran Ampalu Nan XX, dengan jumlah peserta perwakilan masing-masing kelurahan sebanyak 26 orang.

Cabang-cabang yang dilombakan pada MTQ tersebut; cabang Tilawatil Qur’an (Golongan Taman Kanak-Kanak, Anak-anak, Remaja, Dewasa), cabang Hifzhil Quran (Golongan 1 Juz dan tilawah, 1 Juz non tilawah), cabang Tartil Quran (dasar, menegah, umum), cabang Fahmil Quran (beregu 3 orang), cabang Syarih Quran (beregu 3 orang), Cabang khutbah jumat dan azan.  Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post