Kanwil Kemenag Sumbar Launching Renstra 2020-2024


Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat hari ini melaunching Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2020-2024, Senin (31/08). Ini sesuai dengan waktu yang ditargetkan yaitu pada akhir Agustus 2020.  

Bertempat di lapangan upacara saat pelaksanaan apel Senin pagi, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri terlebih dahulu menandatangani Renstra tersebut dan kemudian Kabag TU, H. Irwan didampingi seluruh Kabid dan Pembimas juga Kasubbag Perencana, Informasi dan Data menyerahkan Renstra tersebut kepada Kakanwil disertai dengan Laporan Evaluasi Kegiatan di Tahun 2019.   

Kakanwil dalam arahannya mengucap syukur atas terlaksananya 2 momen penting yaitu launching Renstra tahun 2020-2024 dan penyerahan laporan evaluasi kegiatan tahun 2019.

“Dua hal ini sangat penting untuk mengetahui kinerja kita, dan untuk mencapai capaian kinerja 5 tahun kedepan,” ujar Kakanwil.

Berdasarkan evaluasi kegiatan tahun 2019 Kakanwil melaporkan, Rekap capaian rata-rata sasaran strategis Kanwil Kemenag Sumbar pada tahun 2015-2019 dari keenam misi Kementerian Agama,  yaitu tahun 2015 mencapai 97,8%, tahun 2016 mencapai 98,7%, tahun 2017 mencapai 95,6%, Tahun 2018 mencapai 103,1% dan tahun 2019 mencapai 102,1%.

 Kakanwil menambahkan, renstra adalah panduan atau dokumen dalam penyelenggaraan kinerja 1 periode 5 tahun. Dan seluruh ASN wajib mengetahui tentang renstra.

“Kita harus bisa mencapai visi dan misi Renstra yang capaiannya hanya bisa diketahui pada tahun kelima, jangan sampai capaian lebih rendah dari target,” tegas Kakanwil.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan piagam dan cendera mata kepada Kepala Seksi Transportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah,  H. Ufrizaldi yang telah memasuki masa purna bakti dalam masa tugas selama 27 tahun 6 bulan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Ufrizaldi yang telah mengabdi di Kementerian Agama selama 27 tahun 6 bulan, terus tetap jalin  komunikasi dan silaturahmi dengan kita semua,” ujar kakanwil.

Dalam arahannya kakanwil juga melaporkan bahwa dari hasil tes swab untuk khafilah dan pelatih TC MTQ dinyatakan 10 orang khafilah yang positif Covid 19, dan hari ini akan dilaksanakan isolasi bagi yang positif.

“Alhamdulillah untuk hasil swab ASN Kanwil yang terlibat dalam TC MTQ dinyatakan negati, hingga kemaren untuk Sumatera Barat jumlah yang positif mencapai 89 orang yang terbanyak Kota Padang, untuk itu tetap patuhi protokol kesehatan, dan perbanyak ibadah,” tambah Kakanwil.

Diakhir kakanwil juga apresiasi atas suksesnya kunjungan DPR RI Komisi VIII ke Sumbar yang menghasilkan diperolehnya bantuan untuk asrama haji Padang Pariaman sebesar 49 Milyar. Selanjutnya apresiasi juga diberikan Kakanwil atas terlaksananya lomba pidato oleh FKPAI bekerjasama dengan bidang Penais Zawa.

Terakhir Kakanwil berpesan, renstra yang telah disusun mohon dipahami dan dibaca, dan dilaporkan ke pusat karena telah launching tepat waktu.

“Renstra adalah karya kita semua, terimakasih untuk kerja keras nya,” ujar Kakanwil mengakhiri arahannya. [DW]
Previous Post Next Post