PHI, Bupati Malang Sampaikan Lima Prioritas RPJMN 2020-2024

Kabupaten Malang - Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 dan Hari Bela Negara serta Hari Nusantara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melaksanakan upacara di halaman Pendopo Agung Malang, Senin (23/12) pagi.
Selaku inspektur upacara, Bupati Malang Drs.H.M Sanusi,M.M dalam sambutannya menyampaikan, ada lima (5) isu prioritas pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak antara lain:
Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak.
Hal ini kata Sanusi, sesuai dengan fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 dan arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir.H Joko Widodo.
Ia berharap, sesuai tema yang diusung pada PHI tahun ini yakni "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju", peran perempuan semakin besar dalam pembangunan.
Momentum penting ini, lanjut Sanusi, hakekatnya mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu, sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.
Selain itu, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut semakin sadar dan aktif untuk meraih akses dan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan. 
Dengan demikian, PHI tahun ini dapat menjadi momen untuk mendorong semua pemangku kepentingan, guna memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, dengan harapan, perempuan dapat meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan (agent of change), ujar Sanusi.
Sebagai bentuk kasih sayang dan menghargai peran seorang ibu, Bupati Malang menyerahkan buket bunga yang didapatkan dari laskar anak, kepada istri, Hj.Anis Zaida.
Hadir pada upacara PHI kali ini, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Jajaran Forkopimda, Kapolres Malang, para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Malang, Ketua Tim Penggerak PKK dan Anggotanya, Ketua Dharma Wanita serta GOW.
Selain itu, juga tampak hadir para ASN lingkup Pemkab Malang, Polwan, IBI, IGTKI, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana dan Akademis.(al/kyt)

Post a Comment

Previous Post Next Post