Ruwatan KKI Diselingi Dengan Materi Kebangsaan




Pati - Silahturahmi Keluarga besar KKI (Komunitas Kritis Indonesia) Kabupaten Pati dalam menjaga empat pilar kebangsaan untuk peduli pada sesama dan semesta melalui prosesi budaya ruwatan massal Sukerto-Murwokolo menuju Indonesia unggul toto tentrem kerto raharjo. Minggu, 10/11/2019.

Bertempat di Gedung Juang 45 Pati kegiatan yang dihadiri Danramil 01/ Pati Kapten Inf Yahudi, S.sos (sebagai narasumber), Ketua KKI pusat Beny Susanto, ketua Litbang Agus Mujayanto, ketua KKI Pati Aris Sunandar, Eyang Hariyadi sesepuh ahli waris   keturunan Sunan Kalijogo Demak, Eyang Bambang, ketua KKI Jepara, anggota KKI Pati berjumlah 70 Orang.

Ruwatan bagi masyarakat jawa adalah suatu bentuk usaha yang bertujuan agar kelak setelah menjalani ruwatan mendapatkan berkah berupa keselamatan, kesehatan, kedamaian, ketentraman jiwa, kesejahteraan dan kebahagiaan bagi diri sendiri secara khusus maupun bagi keluarga dalam lingkup yang lebih besar lagi.

Dalam sambutannya, Danramil 01/Pati Kapten inf Yahudi, S.Sos sebagai narasumber mewakili Dandim Pati menyampaikan permohonan maaf karena Komandan Kodim tidak bisa hadir karena ada acara yang waktunya bersamaan.

Dalam materinya Kapten Yahoo (panggilan akrab Danramil Pati) mengulas tentang empat konsesus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara.
"Situasi dan kondisi saat ini perlu keikut sertaan masyarakat dalam membangun bangsa ini, mari kita menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan sehingga terbangun  kebersamaan dan kedamaian bangsa,  kita tolak radikalisme dengan membangun kekompakan, kebersamaan dan Persaudaraan dalam komunitas KKI Kabupaten Pati," tandasnya.

Setelah acara penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh narasumber, sebagai penutup dalam kegiatan dilaksanakan acara ruwatan yakni dengan prosesi penyiraman air kepada empat orang perwakilan anggota KKI Pati oleh eyang Hariyadi dan eyang Bambang. (m@s/pendim)

Post a Comment

Previous Post Next Post