N3 Payakumbuh - SMPN 4 Payakumbuh menggelar Pemilu, bukan untuk memilih anggota DPR ataupun Presiden namun untuk memilih siapa pemimpin siswa alias Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2018-2019 di Kampus Bougenville ini.

Digelar pada kamis (22/11) dan bertempat di halaman sekolah yang diikuti oleh 3 pasang kandidat calon ketua OSIS terpilih dari hasil rapat Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), terseleksilah siswa yang akan dicalonkan sebagai kandidat ketua OSIS, selain itu ada kandidat yang diajukan dari aspirasi langsung  kelompok siswa.

Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus, M.Pd mengatakan pemilihan ini tak hanya diikuti oleh seluruh siswa, namun majelis guru juga ikut serta dalam pemilihan ketua OSIS ini. Ditambahkannya lagi, untuk pertamakalinya di SMPN 4 Payakumbuh kotak suara dan bilik suara asli yang dipakai merupakan pinjaman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.

"Kalau dahulu menggunakan kotak yang dibuat siswa, sekarang ditunjukkan kepada siswa bagaimana bentuk alat pemilu yang asli, tujuan kita tak lain untuk mendidik siswa dalam menumbuhkan jiwa demokrasinya," ujar Mardiyus.

Ada 3 pasang calon yang ikut dalam pemilihan ketua OSIS ini, antara lain Kandidat Nomor 1 Rhani Laila Suci dan Athallah Ananda Yeri, Kandidat Nomor 2 Andri Adrian dan Muhammad Rezki Vareza, serta Kandidat Nomor 3 Didi Wahyudi dan Mutiara Yoana.

Dikatakan oleh Mardiyus, pemilihan umum ini dilakukan bergantian, artinya setiap siswa secara bergantian perkelas datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menghindari terganggunya proses belajar mengajar dan agar lebih efektifnya proses pemilihan yang dilaksanakan.

"Siswa yang ikut ada sebanyak 864 siswa, dan ditambah dengan 70 majelis guru dan karyawan, kita juga sediakan 3 TPS untuk memfasilitasi pemilu kali ini," pungkas Mardiyus. (Rahmat Sitepu)

 
Top