N3, Sumbar ~ Rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di Sumatra Barat pada 7-9 Februari ini, akan dimanfaatkan untuk mengenalkan slogan pariwisata teranyar Sumbar. Sejak akhir tahun 2017 lalu, Sumatra Barat meluncurkan branding baru "Taste of Padang' sebagai senjata untuk promosi pariwisata. 

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat akan menggunakan momentum kedatangan ribuan insan pers seantero nusantara dan perwakilan pejabat pemerintah pusat pada HPN 2018 ini untuk mengenalkan branding baru tersebut. 

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mulai menggunakan slogan 'Taste of Padang' dalam acara-acara resmi pemerintah. 

Promosi pariwisata menjadi sangat penting lantaran ekonomi Sumatra Barat sebagian besar didorong oleh konsumsi rumah tangga. 

Hal ini berbeda dengan sebagian provinsi lain di Indonesia yang ekonominya ikut terbantu oleh potensi sumber daya alam (SDA) seperti mineral, batu bara, dan migas. 

"Sumbar ini tidak ada SDA yang bisa ditonjolkan. Yang paling potensial hanya wisata, UMKM, dan industri kecil," jelas Wakil Gubernur Nasrul Abit  disela sela acara Rakor Optimalisasi Branding Pariwisata, di PangeraN Beach Hotel, Selasa (6/2/2018). 

Wagub Nasrul Abit menyadari sejak diluncurkan tahun lalu, branding 'Taste of Padang' sempat menuai pro dan kontra. Sebagian kalangan melihat bahwa branding ini kurang mewakili Sumatra Barat secara umum. 

Namun Wagub Nasrul Abit meminta seluruh instansi dan OPD untuk mendukung hasil yang sudah diketok palu tentang penggunaan branding, apalagi penetapan branding merupakan keputusan pemerintah pusat. 

 
Top