N3, Jakarta ~ Wagub Sumbar Nasrul Abit menghadiri acara penyerahan bantuan peralatan penanggulangan bencana di BNPB bersama Kepala BNPB Willem Rampangilei , Seketaris Utama BNPB Ir. Dody Ruswandi, MSCE dan Direktur Peralatan BNPB Rustian,S.Si,A.P.T,M.Kes di Kantor BNPB Pusat Jakarta, pada Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiap Siagaan Bencana Nasional, Jum’at (17/3/2017)

Dalam acara tersebut Wagub Sumbar Nasrul Abit menerima secara langsung bantuan peralatan penanggulangan bencana dari kepala BNPB berupa 1 unit mobil tangki air.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei dalam kesempatan itu menyampaikan acara Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiap Siagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk merumuskan konsep Hari Kesiagaan Bencana Nasional, sebagai wadah membangun sinergitas semua elemen bangsa terhadap penanggulangan Bencana di Indonesia.

Mengapa perlu hari kesiapsiagaan bencana??. Kesadaran dan pemahaman tentang bencana harus di tingkatkan pada diri setiap orang dan diri kita sendirilah yang paling berperan besar terhadap keselamatan dari bahaya bencana yang terjadi.

Selain itu Peringatan Hari Kesiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk membangunan kesadaran masyarakat, diri sendiri serta kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi. Sekaligu sebagai peringkatan 10 tahun berlakunya UU Nomor 24 Tahun 2007  tentang Penanggulangan Bencana.

Peristiwa kebencanaan yang telah melanda Indonesia telah berdampak pada, korban jiwa  dan kerugian ekonomi  (30 triliun) yang semakin lama semakin meningkat, dan juga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Penyebab terjadinya bencana disebabkan oleh perbuatan manusia, perubahan iklim serta pertumbuhan jumlah penduduk.

Kita mengetahu bahwa Indonesia mempunyai peta ancaman bencana yang cukup luas, seperti banjir, longsor, strunami, dan gempa. Dan kita harus melalukan sesuatu supaya dampaknya tidak menjadi semakin  meluas dan merugikan.

Dalam RPJM BNPB 2015-2019, ada 136 kabupaten/ kota punya peluang pembangunan ekonomi dan terdapat rawan bencana, dan menjadi prioritaskan oleh BNPB Pusat melalui strategi-strategi, ungkapnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, bantuan ini tentu amat bermanfaat bagi penanggulangan bencana di Sumatera Barat. Kita tahu BNPB amat memberikan perhatian terhadap setiap peristiwa bencana di Sumatera Barat.

Termasuk hari ini kita menerima secara simbolis Mobil Tangki Air, sebagai kebutuhan operasional dalam penanggulangan bencana di Sumatera Barat.

Kita juga menyambut baik dilakukannya aka nada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap kondisi daerah dimana Sumatera Barat terkenal sebagai etalase bencana di Indonesia, ujarnya. (Humas Sumbar)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved