UIN dan LAN RI Jalin Kerjasama


Nn, Banda Aceh ~ Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Kamis, 23 April 2015 di Halaman Kantor LAN Aceh, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara peresmian Gedung Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV wilayah Aceh oleh Gubernur dr. H. Zaini Abdullah.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan antara Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dengan Kepala LAN RI Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, selain itu juga LAN bekerjasama dengan Pemerintah Aceh yang ditandatangani oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah dan Unsyiah oleh Rektor Prof. Syamsul Rizal.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Dr. H. Syamsul Rijal Sys, M.Ag mengatakan, menjalin kerja sama dengan LAN RI ini merupakan terobosan baru bagaimana UIN Ar-Raniry sebagai institusi pendidikan tinggi keagamaan berpartisipasi untuk membangun kompetisi para aparatur Negara, khususnya bagi mereka yang akan mendapat pendidikan atau kursus kepemimpinan pada PKP2A IV ini.

" Dalam konteks kerjasama ini tentu UIN Ar-Raniry akan siap meyediakan tenaga siap pakai untuk kajian dan pendidikan atau pelatihan yang dilaksanakan di kelembagaan itu, dan ini secara internal kelembagaan adalah sebuah prospek yang sangat gemilang bagi UIN Ar-Raniry di usia yang kedua dapat berpartisipasi aktif dalam memajukan kompetisi aparatur Negara melalui kelembagaan PKP2A IV di Aceh nanti," ujarnya.

Syamsul Rijal menyebutkan, antara UIN Ar-Raniry dan LAN RI telah sepakat bekerjasama tentang pengembangan kajian dan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur Negara melalui pengkajian kebijakan, pendidikan dan pelatihan, inovasi administrasi Negara serta penyelengaraan pendidikan tinggi.

" Tujuannya sangat baik, yaitu untuk menjalin dan meningkatkan hubungan kelembagaan antara UIN Ar-Raniry  dan LAN RI, ruuang lingkupnya antara lain pada pengembangan sumber daya aparatur Negara melalui pembinaan dan pelatihan, pengembangan kajian melalui riset, advokasi dan konsultasi, diseminasi, lokakarya, evaluasi kebijakan dan bantuan tenaga ahli serta pengembangan inovasi, pelayanan publik serta kelembagaan," kata Warek III UIN Ar-Raniry.

Dia mengharapkan, ke depan kedua lembaga besar ini dapat berpartisipasi aktif dalam memajukan pendidikan serta meningkatkan sumber daya manusia khususnya bidang aparatur Negara, sehingga kerjasama ini dapat dilanjutkan serta dikembangakan di masa mendatang. Hms/Rel
Previous Post Next Post