Panen Padi Sabatang Keltan Ranah Pulai 11,2 Ton

Nn, Sijunjung -- Gubernur Irwan Prayitno melakukan Gerakan Tanam Padi Serentak di kawasan Padi kelompok Tani Ranah Pulai Palangki Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Yuswir Arifin, Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kadis PSDA, Kadis Pendidikan, Kadis Perikanan, Kabiro Humas Irwan, S.Sos,MM, Kabiro Perekonomian, serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sijunjung. 
 
Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kita bangga dan senang dengan hasil panen padi Kelompok Tani Ranah Pulai Palangki yang telah mencapai 11,2 Ton per Ha. Ini juga telah memecahkan record tertinggi di Kabupaten Padang Pariaman yang mencapai 9,2 Ton per Ha baru-baru ini. Ini menandakan keberhasilan program tanam padi sabatang di Sumatera Barat menuai sukses yang baik dalam meningkatkan pendapatan petani.
 
Hal ini juga terjadi dibeberapa daerah, di Kabupaten Tanah Datar, 8.7 ton per ha, di Payakumbuh 7,8 ton per ha, di Pasbar 8.2 ton per ha, di Kota Padang 5,7 ton per ha. Semua itu memberitahukan kepada kita semua bahwa program SLPTT dan GPP memberikan energi baru yang baik dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat yang lebih dari 60 persen masyarakat berprofesi petani. Mudah-mudah target 800.000 ton beras bagi Sumatera Barat dapat kita capai secara baik dan sukses, mendukung program nasional mencapai produksi 10 juta ton beras, harapnya. 
 
Untuk sukses tersebut, kita menyadari begitu beratnya merobah pola tanam para petani kita yang telah terbisa dengan memakai pupuk an organik yang cepat namun memiliki resiko terhadap kondisi tanah. Oleh karena itu keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat, untuk kembali memakai pupuk organik untuk kesinambungan pertanian di Sumatera Barat. 
 
Banyak hal, yang dapat dilakukan tumpang sari dalam pertanian dengan memakai pupuk organik, ternak ikan, belut, dimana pemakaian pupuk organik memberikan manfaat kesehatan dan kelestarian lingkuangan alam yang baik. Untuk itu mari kita budayakan, tidak membakar jerami yang sebenarnya dapat mengurangi pemakaian pupuk dan memudahkan tanah pertanian untuk terus berproduksi secara baik dan alami, ajaknya. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Yuswir Arifin melakukan penanaman padi sebatang serta menyerahkan bantuan peralatan dan dukungan dana kepada kelompok tani di Pemkab Sijunjung. Zardi
Previous Post Next Post