Wawako Padang Resmikan Recycle Expo

Nn, Padang -- Prinsip utama dalam pengelolaan sampah adalah 3R, Reduce, Reuse dan Recycle. Reduce; mengurangi timbulnya sampah, Reuse; mengguna ulang sampah, dan Recycle; mendaur ulang sampah. Jika prinsip 3R ini dapat berjalan di Kota Padang maka dapat diharapkan berbagai manfaat yang nyata bagi kehidupan masyarakat, seperti mengurangi beban polutan di lingkungan, mendatangkan manfaat ekonomi serta menjadikan lingkungan bersih.

Namun demikian, pelaksanaan prinsip kelola sampah dengan 3R belum menjadi budaya dan kebiasaan warga Kota Padang. Hal ini disebabkan karena masyarakat kita belum terbiasa memilih sampah, baik di sumber sampah maupun di tempat penampungan sampah.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP saat membuka acara Padang Recycle Expo 2012 di Lantai I Plaza Andalas. Turut dihadiri Ketua Penggerak PKK Kota Padang Mutia Fauzi Bahar, SKPD Kota Padang, dan penggiat peduli lingkungan.

“Pameran merupakan salah satu strategi untuk memberikan informasi kepada semua lapisan masyarakat tentang penerapan 3R dalam pengelolaan sampah”, ujar Mahyeldi.  

Ditambahkan, pelaksanaan pameran Padang Recycle Expo 2012 ini pada prinsipnya adalah suatu rekayasa sosial (social engineering) untuk mengajak masyarakat memilih dan mengolah sampah, sebagai salah satu solusi mengubah perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap sampah. 

“Diharapkan pameran ini dapat menjadi peluang ekonomi dan salah satu kesempatan kerja bagi warga Kota Padang di masa mendatang”, tambah Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers
Padang Recycle Expo 2012 yang dilaksanakan dari tanggal 27-29 Februari 2012 merupakan kerjasama antara Bapedalda Kota Padang dengan PT. Ramayana-Robinson selaku managemen Plaza Andalas. 

Pameran tersebut diikuti sebanyak 30 stand yang terdiri dari semua Bank Sampah di Kota Padang, semua sekolah Adiwiyata Sumbar dan Kota Padang, sekolah calon Adiwiyata nasional, dan SKPD Pemko Padang beserta binaannya.

“Diharapkan lagi partisipasi dan apresiasi warga Kota Padang terhadap produk-produk yang ditampilkan pada pameran ini. Semoga dengan upaya kita bersama dalam menggiatkan usaha pengelolaan sampah akan menunjang pencapaian Padang sebagai Kota Bersih dan Hijau di masa yang akan datang”, tutur Mahyeldi.  Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post