Wako Payakumbuh Rida Ananda Kukuhkan 94 Relawan Damkar Sebagai Ujung Tombak di Kelurahan Masing Masing


Nusantaranews.net, PayakumbuhPenjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengukuhkan 94 orang relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang diharapkan dapat membantu petugas damkar saat terjadi kebakaran dan menjadi ujung tombak di masing masing kelurahan.


“Kebakaran menjadi salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Kota Payakumbuh. Sehingga memang kehadiran relawan damkar sangat kita butuhkan,” kata Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda usai mengukuhkan relawan Damkar, Selasa (15/08/23) sore.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Dony Prayuda, Kapolres Kota Payakumbuh yang di wakili oleh Kasat Sabhara, Kadis Sosial, Camat se Kota Payakumbuh BPBD, Kapolpos Basarnas 50 Kota.

Rida mengatakan kehadiran relawan Damkar yang tersebar di seluruh kelurahan ini dapat membantu penanganan awal saat terjadi kebakaran.

“Harapan kita tentu tidak adanya lagi warga kita yang tertimpa musibah kebakaran. Namun, jika terjadi kejadian kebakaran maka relawan kita ini bisa membantu lebih awal sebelum petugas Damkar datang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu relawan Damkar juga langsung melakukan simulasi memadamkan kebakaran sebuah rumah yang didampingi oleh Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh.

Rida menilai selain untuk membantu dalam melakukan pemadaman, relawan Damkar ini juga diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hal-hal yang akan dapat memicu terjadinya kebakaran serta penanganan awal sewaktu terjadi kebakaran.

“Dengan digiatkannya sosialisasi oleh relawan ini, harapan kita dapat menekan angka kejadian kebakaran di Kota Payakumbuh,” ujarnya. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post