Rumah Panggung Milik Warga Di Kecamatan Ulu Belu Ludes Dilahap Si Jago Merah


Rumah Panggung Milik Warga Di Kecamatan Ulu Belu Ludes Dilahap Si Jago Merah


(Nusantara News.Net)Tanggamus Lampung musibah kebakaran Yang Menimpa Sebuah Rumaha di pekon Suka Maju Kecamatan Ulu beli Kabupaten Tanggamus Lampung,sampe Sekarang masih dalam tahap pembersihan dari sisa kebakaran,Seluruh Bangunan Ludes Tidak tersisa Sehingga korban Mengalami kerugian berkisar Ratusan Juta rupiah.Selasa (7/03/2023)


AKP Musakir mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Candra mengatakan, Rumah korban yang terbakar berupa sebuah rumah panggung yang terbuat dari bahan kayu,”

Selain rumah yang habis terbakar barang barang milik korbanpun antara lain berupa 2 unit sepeda motor, 2 mesin chainsaw, mesin babat, mesin bajak tanah, dan 4 unit sound system.

Lalu, 2 unit tv lcd,  kulkas, mesin cuci, mesin gilingan jagung, kompresor angin, gilingan bubuk kopi, motor trail mini, mobil mini, 4 ban mobil + pelek, travo las dan surat surat berharga lainnya.

“Dan Hasil identifikasi sementara, jumlah barang tersebut yang terbakar. Sehingga total kerugian korban senilai Rp180 juta,” ungkapnya.

Dijelaskan pula oleh AKP Musakir,  kebakaran pada saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal korban yang pergi menjemput istri nya di pekon muara dua, ulu belu sekitar pukul 16.20 WIB, yang mendapat telfon dari anak saksi bahwa rumah miliknya kebakaran.

Menurut keterangan saksi Suharyono kejadian yang ia ketahui sekitar pukul 16.30 WIB, ia mendengar ada suara teriak minta tolong yang mengatakan adanya kebakaran diluar sehingga saksi keluar.

Saat itu Suharyono melihat asap sudah membubung tinggi berasal dari rumah korban dan langsung menyelamatkan satu unit sepeda motor honda genio milik korban yang terletak di bawah rumah.

Bersamaan itu, kepala pekon juga langsung menghubungi Bhabinkamtibmas serta Babinsa untuk datang ke TKP beserta masyarakat setempat, dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun api tidak bisa dipadamkan.

“Berdasarkan pemeriksaan TKP dan keterangan para saksi, penyebab terjadinya kebakaran diduga karena konsleting listrik,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, atas kejadian itu, pihaknya telah berkoordinasi antar Forkopimcam untuk bersama sama melakukan langkah terbaik agar korban segera mendapatkan bantuan.

“Untuk sementara korban ditampung di rumah kerabatnya, menunggu perkembangan lebih lanjut,” imbuhnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, Kapolsek mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan, memeriksa jalur jalur listrik oleh ahlinya, sehingga dapat diketahui apabila ada kerusakan pada jalur listrik.

Ada baiknya kita rutin memeriksa jalur jalur listrik di rumah menggunakan tenaga ahli. Sehingga kerusakan jalur listrik dapat segera dilakukan pergantian,”tegasnya


Laporan (yun)

Post a Comment

Previous Post Next Post