Harga Sapi Qurban Melunjak

Agam, Nusantaranews.net, - Harga sapi di tingkat peternak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat naik sebesar Rp 1 juta per ekornya. Hal ini merupakan imbas dari mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Saat dikonfirmasi Nusantaranews net, Semin (6/6) salah seorang pedagang ternak di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Afriandi mengatakan, saat ini para peternak cukup kesulitan mendapatan hewan yang akan dijual kembali untuk Qurban Idul Adha 1443 Hijriyan. Hal ini membuat harga beli sapi di tingkat peternak menjadi naik. 

Biasanya harga sapi siap Qurban dijual dengan Rp 15 juta - Rp 20 juta. Namun kini, naik menjadi Rp 16 juta -Rp 21 juta per ekor. "Harga naik. Sekitar Rp 1juta per ekor, dan harga jual juga kita naikkan," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk sapi yang ia jual, dibeli dari peternak di Sumatera Utara. Sapi-sapi yang dibeli merupakan hewan ternak kualitas terbaik dan layak potok, semuanya sudah di seleksi ketat dan sudah ada pemeriksaan dari petugas.

"Sapi yang kita beli ini sudah memiliki surat keterangan dari dinas peternakan, sehingga bisa dipastikan sehat dan aman dikonsumsi," katanya lagi.

Dikatakannya, permintaan hewan qurban sudah mulai diterima satu bulan sebelum Idul Adha, hal ini membuat para pedagang sudah mulai mencari pasokan jauh-jauh hari, Meski kesulitan mendapatkan hewan kurban, ia mengaku sanggup untuk memenuhi permintaan masyarakat. 

"Satu bulan jelang Idul Adha, biasanya sudah ada pesanan  para pedagang mulai menyediakan hewan ternak siap potong guna memenuhi permintaan sapi dan kambing untuk qurban. Melihat Stock ternak yang sudah ada berkemungkin mencukupi kebutuhan," terangnya.(Bagindo)


Post a Comment

Previous Post Next Post