4 Tips Supaya Tidak Bosan dan Malas Dalam Menulis

Penulis : Dini Harianti

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang sudah diajarkan oleh orang tua sejak kecil. Sehingga dengan menulis, menjadi sebuah hobi, baik itu menulis di buku diary, blog, koran atau majalah dan di jurnal ilmiah. Semakin terbiasa dalam menulis dalam sehari-hari bisa menjadi sebuah tulisan yang bagus dan senang dibaca oleh para pembaca.

Kegiatan menulis memberikan dampak yang baik bagi kita yaitu bisa berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bermanfaat. Namun, tidak semua orang yang terlahir dalam hobi menulis, dan kadang-kadang dengan sering menulis ada menjadi rasa bosan dan malas.

Berikut ini 4 tips supaya tidak bosan dan malas dalam menulis yaitu:

1. Memiliki Pengetahuan dan Wawasan yang Luas.

Ada juga sebagian orang yang malas menulis karena merasa kurang mampu menulis secara baik, menarik dan juga kurangnya pengetahuan dan wawasan yang luas dalam menulis. Maka itu dalam menulis kita harus mempunyai pengetahuan dengan cara sering membaca artikel, blog, koran atau majalah, dan jurnal ilmiah sehingga wawasan kita menjadi luas. Karna itu adalah bekal atau modal awal dalam menulis yang akan  menghasilkan tulisan yang baik dan bagus.

2. Harus Percaya Diri 

Dalam menulis tumbuhkan rasa percaya diri pada tulisan kita, keluarkan semua pengetahuan dan ide dalam menulis dan jangan mudah ragu walau tulisan kita belum bagus. Kita harus percaya suatu yang kita usahakan pasti tidak mengkhianati hasil.

3. Jangan Mudah Rasa Insecure

Selain harus percaya diri, jangan mudah rasa insecure atau membandingkan kalau tulisan kita belum bagus dari orang lain. Karena itu adalah menjadi penyebabnya kenapa kita malas dalam menulis.

4. Introfeksi Diri atau Cari Hambatan dalam Menulis

Sebagian orang malas menulis kerena tidak memiliki gaya menulis yang unik, merasa kurang mampu menulis secara baik dan juga adanya rasa takut dikritik oleh pembaca. Sehingga kita menjadi takut kalau tulisan yang dihasilkan hanya berbuah komentar negatif. Itulah merupakan sebuah hambatan dalam menulis.

Untuk mengatasi rasa malas karena dalam hambatan ini cobalah perhatikan karya tulis penulis yang terkenal. Pelajari gaya bahasa dan tata bahasa dalam menulisnya karena dengan seperti ini kita akan lebih memudahkan dalam menulis dan bisa merubah tulisan menjadi yang lebih baik. 

Post a Comment

Previous Post Next Post