Komisi II DPRD Mentawai Minta Dinsos Verifikasi dan Validasi Data Kemisikinan


Ketua Komisi II Ibrani Sababalat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) 
  
MENTAWAI,  (NUSANTARANEWS.NET) -  Ketua Komisi II Ibrani Sababalat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Mentawai dorong Dinas Sosial melakukan perbaikan data.

Hal tersebut menjadi perbincangan saat pelaksaan rapat evaluasi dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) setempat, terkait validasi data kemiskinan atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kepulauan Mentawai. Kamis (17/09/2020).


Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II Ibrani Sababalat, dan dihadiri oleh anggita Komisi, sedangkan dari Dinas Sosial, Nicolaus Sorot Ogok.

Beberapa hal dibahas terkait realisasi kerja, termasuk yang menonjol adalah masalah data.

"Kami minta terkait verifikasi dan validasi data kemiskinan di upayakan satu tahun dua kali," katanya. 

Ia mengatakan, Komisi II juga mendorong Dinsos, bekerjasama dengan desa dan kelurahan turun lakukan verifikasi validasi data. 

"Data penduduk khususnya data kemiskinan akan menjadi acuan dasar perencanaan program, baik dari pusat maupun daerah, untuk itu harus ada up date data yang baru".

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinsos P3A Kabupaten Kepulauan Mentawai, mencatat 16.944 Kepala Keluarga atau 65.040 jiwa yang dinyatakan sebagai keluarga miskin berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kemensos. Jelasya. 

"Makanya nanti, harus ada pengawalan proses pendataan, setelah itu dilakukan penetapan jumlah orang miskin. Kalaupun ada kendala lapangan, pemerintah kan berjenjang, lapor secara berjenjang, hingga ke pimpinan tertinggi,"jelasnya. (Lumbanraja). 

Post a Comment

Previous Post Next Post