Tanggapan Dinas Terkait Car Free Day di Laman Besamo

N3,SAROLANGUN - Antusiasme dan permintaan warga untuk terwujudnya Car Free Day (CFD) dilokasi Laman Besamo Lapangan Sriwijaya Sarolangun ditanggapi beberapa Dinas terkait.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Parpora Sarolangun Muhammad Idrus, yang mana dirinya mengatakan jika Car Free Day (CFD) di Laman Basamo setiap hari Minggu sudah pernah diwacanakan sebelumnya.

" Diawal Januari 2020 pernah kami rencanakan dan akan dirapatkan bersama Dinas terkait, akan tetapi waktu itu belum ada waktu yang pas, selanjutnya keburu ada musibah pandemi covid-19, sehingga saat ini kita belum berani melakukannya karena masih dalam pandemi," katanya.

Bukan hanya Car Free Day (CFD) dihari Minggu pagi, bahkan Pemkab mewacanakan Car Free Night (CFN) dimalam minggu. Namun dengan adanya pandemi Covid 19 saat ini secara otomatis belum bisa dilakukan walau sudah ada kelonggaran atau New Normal yang dikeluarkan pemerintah.

" Sebenarnya belum dibolehkan secara bebas. Masyarakat masih belum memahami makna dari New Normal itu sendiri," ujarnya.

Masih dikatakannya, jika untuk menerapkan semua ini perlu adanya koordinasikan dengan duduk bersama dengan Dinas-dinas terkait, seperti apa prosedur nantinya jika sudah mulai berjalan.Karena urusan CFD san CFN menyangkut lalu lintas kendaraan, yang kewenangannya ada Di Dishub dan Polisi Lalu Lintas, Kuliner ada di Dinas Kopperindag, aset bangunan Laman Basamo ada di Dinas PUPR dan untuk pariwisata dan olahraga ada di Dinas Parpora.

" Jadi kita harus duduk bersama dulu untuk menentukan siapa yang menjadi penanggung jawabnya, termasuk masalah parkir kendaraan,sampah, dan lain-lain," sebut Muhammad Idrus.

Sementara Kadis Perhubungan Sarolangun Syaruddin melihat antusias warga yang menginginkan CFD dan CFN dilokasi Laman Besamo Lapangan Sriwijaya Kabupaten Sarolangun, dengan tegas mengatakan Dishub siap jika itu memang terwujud.

" Jika memang itu terwujud langkah Dishub dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas, seperti menutup jalan dari semua arah yg menuju area Laman Besamo untuk kendaraan dari pukul 05.45 WIB sampai 09.30 WIB,setelah itu bisa dibuka kembali akses jalannya akan siap melaksanakannya," tandasnya.

(SRF)
Previous Post Next Post