Bupati Aceh Timur Secara Resmi Buka Lahan Ketahanan Pangan



Aceh Timur-nusantaranews,Bupati Kabupaten Aceh Timur H. Hasballah H. M Thaib, SH  yang akrab disapa Rocky bersama unsur Forkopimda melakukan peresmian lahan ketahanan pangan Polres Aceh Timur, " Kamis (9/7/2020).

Peresmian tersebut yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Aceh Timur H. Hasballah H. M Thaib, SH yang bertempat di Desa Alu Batee, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Kegiatan tersebut sebagai wujud konkrit upaya menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi Covid-19. Selain Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M Thaib, SH juga turut dihadiri Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro,S.I.K,M.H, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) dan Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur Abun Hasbulloh Syambas,S.H,M.H.

Pelaksanaan kegiatan program ketahanan pangan dengan menanam jagung dan pelepasan empat ribu bibit ikan nila yang dilaksanakan pada lahan kosong seluas lebih kurang dua hektar milik Polres Aceh Timur di Desa Alue Batee, Kecamatan Peudawa.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, menyikapi dampak pandemi Covid-19, di semua lini kehidupan masyarakat, program ketahanan pangan menjadi salah satu prospek dalam rangka menjaga ketahanan pangan masyarakat baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Dampak dari pandemi Covid-19, akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian, sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan pertanian baru yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan," ujarnya.

Menurut Bupati, Kegiatan pembukaan lahan ketahanan pangan ini sebagai upaya Polres Aceh Timur yang turut ikut membantu tugas pemerintah dalam mensosialisasikan program ketahanan pangan sehingga mampu merangsang masyarakat kecil agar dapat memanfaatkan lahan kosong disekitarnya untuk bercocok tanam ditengah pandemi Covid-19.

Aceh Timur luas tanah ± 6.000 hektar yang begitu luasnya maka sangatlah banyak lahan yang kosong yang harus kita buka dan kita manfaatkan untuk Program ketahanan pangan.

“Ke depannya program ini saya harapkan menjadi salah satu sumber daya yang akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat Aceh Timur khususnya menuju New Normal dimasa pandemi Covid-19,” ujar Bupati Aceh Timur.

Menurutnya, semua program di sektor pertanian termasuk giat kita hari ini, Insya Allah bisa meningkatkan taraf hidup, baik para anggota Polri maupun masyarakat.” Ungkap Bupati Aceh Timur H.Hasballah Bin H.M Thaib,S.H.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin,S.E, para Kasat, Kapolsek, Camat Peudawa Ir. Abdullah, Danramil 16/Pdw Kapten Inf Agung BS, Kepala OPD dalam Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Sekretaris KNPI Aceh Timur H. Sulaiman (Tole) dan para penyuluh pertanian. (*)
Previous Post Next Post