Jangan Sombong

By :  Ummu MarQiSa

Sombong adalah sebuah sifat yang dahsyat sekali efeknya ketika dimiliki oleh mahluk. Sebanyak dan selama apapun amalan baik maka hancurlah amalan itu. Secerdas dan sejenius apapun maka hina jualah ujungnya. Yupz kesombongan Iblis terhadap satu perintah Robb nya untuk memberi penghormatan kepada mahluk ALLOH bernama Adam membuat iblis terlaknat dan terusir dari syurga. Sesungguhnya bukan iblis tidak mengakui ke Maha Kuasaannya Alloh, akan tetapi iblis tergelincir karena kesombongannya terhadap sesama mahluk ciptaanNya.

Bagaimana kita mengambil hikmah dan pelajaran dari sifat sombong yang sanggup menggelincirkan dari kedudukan Adam dan keturunannya yang dimuliakan menjadi lebih rendah dari ternak. Jika dilihat fenomena kehidupan hari ini, berapa banyak manusia yang sudah mengadopsi sifat sombong nya iblis. 
Berapa banyak yang tidak mempedulikan perintah Tuhannya. Bahkan berlaku seperti Fir'aun yang memposisikan dirinya sebagai tuhan. Kesombongannya melebihi Iblis.

Padahal Alloh berikan berbagai macam kejadian dari bencana alam sampai akibat perbuatan manusia itu sendiri supaya manusia kembali pada fitrahnya, yaitu mengabdi kepada Alloh. Bukan kah Alloh sudah mendatangkan pelajaran-Nya. "Dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya  kamu sekali kali tidak dapat menembus bumi dan sekali kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung"(Qs Al israa:37)

Bukankah kita manusia hanya mahluk lemah, sehingga jangankan menembus bumi atau menjulang kokoh bagai gunung. Bahkan dengan mahluk ukuran nano mikropun yang disebut virus sanggup melockdown kehidupan manusia.
Itulah akibat berjalan dimuka bumi dengan kesombongan,tidak mematuhi rambu rambu kehidupan yang ditetapkan Alloh.

Maka siapapun kita pada hari ini, lepaskanlah sifat sombong. Lihat lagi sampai pada hati yang paling dalam,apakah masih terselip kesombongan walau seberat zarah. Sehingga Alloh ridho dan menggantikan rasa ketakutan menjadi rasa tenang. Memperbaiki kehidupan dunia yang sedang sakit menjadi dunia penuh rahmat dan keberkahan.

Post a Comment

Previous Post Next Post