Inilah Gebrakan Komunitas Peduli Sungai

N3, Sumbar - Ketua komunitas peduli sungai Yuda Putra sangat mengapresiasi atas kepedulian pemerintah daerah terhadap kebersihan muara, sungai, dan danau, dan lingkungan sekitarnya.

Hal ini dibuktikan, dengan dikukuhkannya kelompok komunitas peduli sungai beberapa waktu lalu oleh Kepala BWSS V Mariadi Utama di Danau Cimpago Pantai Padang.

Menurut Yuda, terbentuknya kelompok ini, bertujuan untuk memberi kesadaran ditengah masyarakat, atas pentingnya mendapatkan sungai yang bersih dan asri.

Kita menyadari, sungai merupakan salah satu ekosistim yang takkan terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karena manfaatnya sangat penting dan vital bagi kehidupan makhluk di dunia.

Berikut sekilas manfaat sungai. 
1. Tempat penampungan air
2. Mengalirkan air ke hilir
3. Pembangkit tenaga listrik
4. Pusat dari ekosistem
5. Mencari nafkah
6. Sumber bahan konsumsi
7. Tempat rekreasi
8. Mencegah banjir

Nah, menyadari beberapa manfaat keberadaan sungai, tentu kita perlu menjaganya agar peram fungsinya sesuai dengan harapan.

Karena tingginya jumlah pertumbuhan penduduk, maka kecenderungan tingkat kesadaran juga perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, maka melalui pembentukan kelompok-kelompok inilah, diharapkan akan mampu memberikan pemahaman arti pentingnya sebuah sungai bagi masyarakat.

Yuda mengatakan, semenjak terbentuknya kelompok ini, alhamdulilah kelompok peduli sungai Batang Lembang telah memperlihatkan gebrakan yang signifikan. 

Yang mana sebelumnya, masyarakat mudah saja membuang sampah kedalam sungai/ muara atau danau. Nah saat ini, telah telah tertata dengan baik. Dan amdal dari rumah sakit serta hotel-hotel yang ada telah dapat teratasi.

Mungki  menjadi persoalan sekarang adalah, akses jalan yang masih sempit. Untuk itu kami berhap kepada pemerintah kota dan kabupaten, dapat memperhatikan hal ini. Agar beberapa item dari manfaat keberadaan sungai, muara dan danau bisa terpenuhi..

Salah satunya, tujuan pemerintah Kota Solok untuk menjadikan ikon Batang Lembang  sebagai pariwisata Kota Solok yang bersih dengan air yang jernih, dapat tercapai. Aan

Post a Comment

Previous Post Next Post