TMMD ke 106 di wilayah Kodim 0819/Pasuruan TA. 2019 ditutup oleh Dankodiklat TNI AL





Hari ini (30/10/2019), tepatnya dilapangan Kaliandra Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan secara resmi pelaksanaan upacara penutupan TMMD ke 106 di wilayah Kodim 0819/Pasuruan TA. 2019 ditutup oleh Dankodiklat TNI AL. 

Selaku Inspektur Upacara (Irup), Laksamana Muda TNI Dedi Yulianto (Dankodiklat TNI AL) dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan bagian dari kegiatan pembangunan yang difokuskan pada wilayah Desa, karena TMMD dilaksanakan melalui tahapan perencanaan yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat ditingkat awal dan selanjutnya dibahas secara terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. 

Kehadiran TNI ditengah masyarakat untuk bersama-sama membangun desa khususnya selama 30 hari pelaksanaan TMMD mempunyai arti dan peran strategis membangkitkan kembali semangat kebersamaan, gotong royong, serta menumbuhkan kembali nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa. 

Dengan kembalinya semangat gotong royong serta pola hidup berdasarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa, diharapkan akan lahir kembali rasa kebersamaan yang tinggi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa yang pada gilirannya mewujudkan kesejahteraan, keamanan dan kemajuan masyarakat.
Kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang sangat strategis dan efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. oleh karenanya, ini merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama mendekatkan TNI dengan rakyat, sehingga makin mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Kesemuanya itu, semata-mata untuk mendorong pembangunan masyarakat wilayah Provinsi Jawa Timur yang lebih makmur dan sejahtera.

Hadir pada upacara tersebut para pejabat TNI/Polri, Muspida Tk. II Pasuruan, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan serta Tokoh Masyarakat setempat, semoga dengan telah dilaksanakan TMMD ini mampu menyentuh dan memberikan kesadaran kepada masyarakat agar kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus dipertahankan dan berkembang secara mandiri oleh masyarakat setempat, tanpa menunggu kegiatan-kegiatan tersebut masuk ke daerah mereka kembali. Disamping itu juga, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk semakin mempererat rasa kekeluargaan di antara masyarakat dan TNI. Dengan begitu, akan terjalin rasa saling respek dan saling membutuhkan di antara TNI dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana Muda TNI Dedi Yulianto menyampaikan banyak terimakasih kepada semua elemen yang telah membantu suksesnya program TMMD ke 106 kali ini, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan beserta mitra-mitra pemerintah yang telah berpartisipasi membantu dan bekerjasama suksesnya program TMMD ke 106 di wilayah Pasuruan. 

Post a Comment

Previous Post Next Post