Babinsa Sosialisasikan Nilai Pancasila Kepada Siswa SMP Negeri 3 Pakis

MAGELANG-- Untuk meningkatkan rasa memiliki dan berjiwa nasionalisme, Babinsa Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang Pelda Sarbini bersama Serda Sarino beberapa hari yang lalu tepatnya Sabtu (20/10), mensosialisasikan nilai nilai Pancasila kepada sekitar 90 siswa-siswi SMP Negeri 3 Pakis.

Mengajar di sekolah-sekolah merupakan salah satu program Koramil 08/Pakis dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada siswa-siswi sejak di bangku sekolah, sehingga nantinya sebagai  generasi penerus bangsa mereka sudah memahami dan dapat merealisasikan dalam kehidupan di sekitar maupun dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu juga untuk memperdalam pengetahuan makna Pancasila sebagai mana kita ketahui bersama bahwa di sekolah-sekolah jaman sekarang sudah jarang  muncul pelajaran tentang Pancasila.

Dalam kegiatan mengajar tersebut Babinsa memberikan materi singkat tentang pengertian Pancasila yang artinya lima dasar atau lima asas serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Empu Tantular, dalam buku Sutasoma ini, selain mempunyai arti "Berbatu sendi yang lima” (dari bahasa Sansekerta) Pancasila juga mempunyai arti "Pelaksanaan kesusilaan yang lima” (Pancasila Krama), yaitu sebagai berikut :Tidak boleh melakukan kekerasan, tidak boleh mencuri, tidak boleh berjiwa dengki, tidak boleh berbohong, tidak boleh mabuk minuman keras / obat-obatan terlarang", kata Pelda Sarbini.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila adalah Dasar negara yang disebut sebagai falsafah negara Indonesia. Sila-sila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pada 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila didasarkan pada tanggal 1 Juni 1945 Presiden sukarno menyebut pertama kali istilah Pancasila dalam suatu pidato di depan sidang Badan Persiapan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pancasila di gunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara.

Disampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat dijamin negara yang kita cintai ini akan aman tenteram dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut Kepala sekolah SMP Negeri 3 Pakis, Yulianto S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang sudah meluangkan waktunya untuk mengajar.

"Saya berharap kegiatan ini jangan berhenti sampai di sini saja, dan kami harap nanti pada saat kegiatan MOS (Masa Orentasi Siswa) di sekolah ini Babinsa mau meluangkan waktunya lagi untuk mengisi materi PBB dan Wawasan kebangsaan sehinga dari usia dini siswa-siswi lebih memperdalam kecintaannya terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Kepala Sekolah. (pendim)
Previous Post Next Post