RT/RW Ujung Tombak Pemerintahan Terdepan

N3, Padang ~ Pemerintah Kota Padang terus meningkatkan anggaran operasional RT/RW hingga 200 persen dari jumlah yang hanya Rp140 ribu untuk RT dan Rp170 ribu untuk RW sejak 2014. Peningkatan ini guna memberikan motivasi kepada Ketua RT dan RW selaku ujung tombak di pemerintahan terdepan.

Hal ini diungkapkan Camat Padang Barat Arfian saat penyerahanan dana operasional untuk Kelurahan Belakang Tangsi di kantor lurah setempat, Rabu (20/4).

Menurut Arfian, peningkatan jumlah anggaran operasional RT/RW memang tidak sebanding dengan pengabdian yang telah diberikan. Para Ketua RT dan RW telah memberikan dedikasinya mengurus warga dan lingkungan serta menjalankan program pemerintah.

"Kita sadari, jumlah dana operasional yang dibagikan setiap tiga bulan sekali ini belum sebanding dengan pengabdian ketua RT dan RW. Akan tetapi kita tetap mengharapkan agar selalu fokus dalam mengawal setiap kegiatan terutama untuk program kebersihan lingkungan, keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Arfian menyebutkan, dana operasional sudah diserahkan untuk 230 RT dan 65 RW se-Kecamatan Padang Barat dengan total dana Rp172 juta lebih. Peningkatan tahun ini sebesar 20 persen, untuk RT naik Rp40 ribu dan RW Rp25 ribu.

"Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan ini juga akan meningkatkan konsisten Ketua RT dan RW dalam melaksanakan kegiatan yang menjadi tanggungjawab terhadap warganya," tukas Arfian.(DU)
Previous Post Next Post