Koto Baru Wakili Kota Padang

Nusantaranews, Padang -- Dalam rangka memeriahkan HUT Kesatuan Gerak PKK Th 2010, Kelurahan Koto Baru Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung terpilih sebagai yang terbaik mewakili Kota Padang pada perlombaan tingkat Sumbar dalam kegiatan yang bertemakan KKG PKK KB Kesehatan yang diikuti oleh 19 Kab/Kota se-Sumbar yang dihadiri oleh Pemko Padang, Kesatuan Gerak PKK Kota Padang, dan Camat seluruh Kota Padang, serta Kepala Dinas terkait.


Bentuk perlombaan yang disuguhkan adalah program KB dan kesehatan yang berkaitan dengan Prilaku hidup bersih dan sehat, Lingkungan bersih yang sehat, Yandu terpadu, Posyandu untuk penyeimbang Balita, dan BKB serta Paud. Perlombaan diselenggarakan sendiri oleh Kelurahan Koto Baru Nan XX yang berlokasi khusus di RW 2, jelas Lurah Koto Baru Nan XX, Zulhardin, STp saat ditemui pada akhir penilaian lomba siang tadi di kantor Lurah Koto Baru Nan XX.


Zulhardin menambahkan, persiapan yang dilakukan sebelum perlombaan adalah melakukan goro bersama, pembuatan taman PKK, memberikan pengarahan kepada RT/RW dan LPM, serta termasuk kader-kader PKK yang tergabung dalam Pokja 4. Segala upaya telah dilakukan agar bisa menang dalam perlombaan ini seperti pembersihan lingkungan, pembinaan kader, prilaku hidup bersih dan sehat, serta penjelasan mengenai KB dan lingkungan bersih yang sehat. "Alhamdulillah kebersamaan dapat diwujudkan dalam Kelurahan sehingga pada saat ini dilakukan penilaian", ujarnya.


Pada kesempatan itu, Ketua PKK Kota Padang, Ny.Hj Mutiawati Fauzi Bahar mengatakan, tujuan terlaksananya perlombaan ini adalah untuk meningkatkan pencakupan dan pelayanan KB serta kesehatan dengan melibatkan 3 sektor yang mengutamakan partisipasi masyarakat.



Khusus untuk tingkat Sumbar, kegiatan ini adalah Program Nasional. Dilakukannya penilaian pada hari ini, sesuai dengan 3 faktor yang telah ditetapkan secara Nasional. Terdiri dari 3 perlombaan yang diberikan nilai yaitu diantaranya lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Posyandu, dan lomba PKK. Penilaian dalam 3 kategori ini akan dilihat dari input, proses, dan output.


"Dengan adanya perlombaan seperti ini, Zulhardin berharap ada perubahan di tengah masyarakat. Perubahan seperti prilaku hidup bersih dan sehat yang tercermin dilingkungan bersih yang sehat, agar segala macam penyakit menular bisa terhindar dari masyarakat", pungkasnya. Ikhsan

Post a Comment

Previous Post Next Post