Kilas Sejarah Tionghoa di Indonesia

LIE MA SAAIJ (Lie Saay)
SUKU bangsa Tionghoa (biasa disebut etnis Cina), adalah salah satu ragam budaya yang mewarnai  bangsa Indonesi. Semenjak ribuan tahun lalu, leluhur Tionghoa di Indonesia berimigrasi secara bergelombang melalui kegiatan perniagaan. Peran mereka seringkali muncul dalam sejarah Indonesia, bahkan sebelum Republik Indonesia di deklaraasikan dan terbentuk.

Catatan-catatan dari Cina menyatakan, bahwa kerajaan-kerajaan kuno di usantara telah berhubungan erat dengna dinasti-dinasti yang berkuasa di Cina. Faktor inilah yang kemudian menyuburkan perdagangan dan lalu lintas barang maupun manusia dari Cina ke Nusantara dan sebaliknya.

Ramainya interaksi perdagangan di daerah pesisisr tenggara Cina menyebabkan banyak sekali orang-orang yang juga merasa perlu kluar berlayar untuk berdagang. Tujuan utama saat itu adalah Asia Tenggara. Karena pelayaran sanat tergantung pada angin musim, maka setiap tahunnya para pedagang Cina harus bermukim di wilayah-wilayah Asia Tenggara yang disinggahi mereka. Demikian seterusnya ada pedagang yang memutuskan untuk menetap dan menikahi wanita setempat, ada pula pedagang yang pulang ke Cina untuk terus berdagang. Daerah asal pedagan Cina terkonsentrasi di pesisir tenggara Cina karena dari sejak zaman Dinasti Tang, kota-kota pelabuhan di pesisir tenggara Cina memang telah menjadi bandar perdagangan yang ramai, salah satunya Quangzhou, pernah tercatat sebagai bandar pelabuhan terbesar dan tesibuk di dunia pada zaman itu. 

Sejumlah sejarawan juga menunjukkan bahwa Raden Patah, pendiri Kesultanan Demak memiliki darah Tiongkok selain keturunan Majapahit Beberapa wali penyebaragama Islam di Jawa juga memiliki darah Tiongkok, meskipun mereka memeluk agama Islam dan tidak lagi secara aktif mempraktekkan kultur Tionghoa.

Pada masa kolonial, Belanda pernah mengangkat pemimpin komunitas Tionghoa dengan gelar Kapiten Cina, yang diwajibkan setia dan menjadi penghubung antara pemerintah dengan komunitas Tionghoa. Mayor Lie Ma Saay (Lie Saay) yang berjasa terhadap pembangunan di Kota Padang, khususnya dan Sumatera Barat umumnya. Dimana namanya sangat terkenal di Indonesia dan dunia Internasional dengan sebutan Mayor Lie Ma Saay..........bersambung


Ditulis Oleh : 
Valentinus Gunawan

Post a Comment

Previous Post Next Post