Makam Tuangku Nan Renceh Tertimpa Pohon

Cagar Budaya Taman Makam Pahlawan Tuangku Nan Renceh Kabupaten Agam, Roboh Tertimpa Pohon.

Agam, Nusantaranews, - Angin Kencang yang melanda Wilayah Kabupaten Agam, Belakakangan ini, mengakibatkan beberapa Pohon Tumbang, dan menimpa Bangunan yang ada disekitarnya.

Sama halnya yang terjadi pada Komplek Pemakaman Pahlawan "Tuangku Nan Renceh" di Jorong Bansa, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (1/4) dini hari.

Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra, membenarkan "Peristiwa tersebut, Pohon Beringin yang Tumbuh di Komplek Makam Pahlawan Perang Padri, yang menjadi Cagar Budaya, kebanggaan Rang Agam,  itu Tumbang akibat diterpa Angin Kencang," Sebutnya pada Konfirmasi Nusantaranews, Sabtu (3/4) Via Cell.

Dikatakan Pohon Beringin yang Tumbang akibat diterpa Angin Kencang itu, mrngakibatkan Pagar Makam  Patah dan Material reruntuhan  menutupi Badan Makam bahkan sampai ke jalan.

Namun Masyarakat sekitar bersama Aparatur Pemerintahan Kecamatan dan Nagari, setempat yang dibantu Anggota Damkar Pemerinta Daerah Kabupaten Agam, telah melakukan upaya Pembersihan.

Mengingat dan menimbang beberapa hal Pembersihan baru dilakukan terhadap Material Pohon yang menutupi jalan, sedangkan yang menimpa Makam belum dapat dikerjakan karena ada keraguan bagi kita,” sebutnya.

Lanjut,Keraguan yang dimaksut, menutut Kepercayaan Masyarakat sekitar Pohon Beringin, yang roboh itu sepertinya menyimpan cerita "Mistis", Pasalnya selang beberapa waktu setelah upaya Pembersihan Material Pohon tumbang yang menutupi jalan, seorang Personil Damkar, tiba tiba Kerasukan "Roh Halus" sehingga timbul keraguan untuk melanjutkan Pembersihan itu.

Bahkan, sejak lama Masyarakat sekitar sudah ingin membongkar Pohon Beringin itu, namun selalu terkenfala dengan Perustiwa peristiwa di "Luar Nalar' yang terjadi ketika bekerja seperti "SanSaw"  mati tiba-tiba dan lain sebahainya,"Pungkas Sang Camat.(Bagindo)


Post a Comment

Previous Post Next Post