Oleh : Emi Kartini
Ibu Rumah Tangga

Mengungkap potensi kekayaan sumber daya alam dan mineral di Indonesia oleh Gery Abrian. Dia mengatakan Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, dari pulau sumatera sampai papua. Dari tambang, batu bara, timah, gas bumi, emas dan sebagainya (newswantara.com, 25/1/2018). Besarnya potensi energi dan sumber daya alam ini merupakan anugerah yang haruskita maksimalkan secara optimal. Produktivitas energi yang tumpuan ketahanan energi, juga harus didukung dengan penggunaan energi secara bijak dan bertanggungjawab.

Tetapi faktanya tidak demikian, diera demokrasi ini dimana kebebasan berkepemilikan dilegalkan. Orang-orang saling berebut ingin menguasainya, terutama untuk mereka para pemegang modal besar, sehinggarakyat kecil tidak bisa merasakan kekayaan negeri ini. Yang dirasakan hanyalah dampak dan kerusakan dari kekuasaan para kapitalis.Apalagi dengan masuknya dan diperbolehkan para pemodal asing masuk ke negeri ini.

Padahal seharusnya umatlah yang seharusnya merasakan dari kekayaan tersebut. Kekayaan tersebut harusnya menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia untuk menjamin ketersediaan energi yang dapat dijangkau dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, sehingga tidak ada kesenjangan sosial yang begitu besar.

Islamhadirtidakhanyasebagaiagamatapijugasebagaisistemkehidupanyangmampumemecahkanseluruhproblematikakehidupantermasukdalampengelolaankekayaanalam. DidalamIslamkekayaanalamadalahbagiandarikepemilikanumumyangwajibdikelolaolehpenguasadanhasilnyadiserahkanuntukkesejahteraanrakyat.

Karenanyasistem yang ada tidak mampu memberikan keadilan kepada umatnya, dimana negara seharusnya mampu mengelola sumber daya alam untuk dirasakan umatnya.Maka dari itu hanyadengan aturan Islam yang mampu mengatur, mengelola, dan menjaga sumber daya alam ini, bukan hanya Indonesiatapi kekayaan alam yang terdapat di dunia ini.
Wallahu’alam Bi Shawwab. 
 
Top