Kemuliaan Lailatul Qadar dan Spirit Penerapan Syariat

Oleh: Sriyanti
Ibu Rumah Tangga tinggal di Bandung


Waktu begitu cepat berlalu tak terasa kita sudah berada di sepertiga malam terakhir Ramadan, yang diungkapkan di dalamnya terdapat malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadar. Karena begitu besarnya keutamaan Lailatul Qadar Allah SWT merahasiakan keberadaan malam tersebut. Meski demikian Rasulullah Saw memberikan petunjuk bahwa Lailatul Qadar terjadi di sepuluh malam terakhir Ramadan. "Carilah oleh kalian Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadan." (H.R. Bukhari dan Muslim). 

Lalu mengapa Allah SWT merahasiakan keberadaan Lailatul Qadar? menurut Imam an-Nasfi , "Allah SWTmerahasiakan keberadaan Lailatul Qadar agar kaum muslimin bersungguh-sungguh (beribadah) di seluruh malam Ramadan." menurut Imam al-Gazali, maksud Allah SWT menyembunyikan keberadaan Lailatul Qadar boleh jadi agar manusia menggandakan kesungguhannya dalam mencari malam tersebut. Karena itu sudah sepantasnya bagi setiap muslim untuk bersungguh-sungguh mengerahkan segala upaya semaksimal mungkin untuk meraih keutamaan yang Allah SWT janjikan tersebut.

Bagi kita yang tinggal di tempat yang aman secara fisik, itu semua bisa kita upayakan semaksimal mungkin, tetapi bagaimana dengan saudara-saudara kita yang berada di daerah konflik seperti di Gaza Palestina, kebahagiaan menyambut Ramadan1440 H dinodai serangan brutal Israel dengan melelaskan roket ke wilayah jalur Gaza. Akibat peristiwa itu, ledakan mengguncang kota Gaza dimana jalan-jalan penuh dengan pembeli yang melakukan persiapan Ramadan Minggu, 5/5/2019 (detiknews.com)

Begitu pula yang terjadi di Suriah, mereka mengerjakan ibadah shalat di antara puing-puing reruntuhan bangunan. Muslim Rohingya yang tak mempunyai tempat tinggal layak karena mereka terusir dari tanah kelahirannya kini tinggal di atas perahu terombang ambing di tengah lautan. Muslim Uighur mereka mengalami kekerasan dan tekanan penguasa disana, terbayangkah oleh kita bagaimana penderitaan mereka. Sehingga untuk meraih keutamaan Lailatul Qodar bagi mereka lebih membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan.

Untuk itu, agar kita bisa menolong saudara-saudara kita sehingga bisa mempersembahkan amalan-amalan terbaik mereka khususnya di bulan Ramadan saat ini dan di bulan-bulan lainnya di sepanjang kehidupan mereka, dengan leluasa seperti apa yang bisa kita jalani saat ini, masih ada keutamaan-keutamaan lain yang Allah SWT berikan bagi kaum muslimin bahkan melebihi keutamaan Lailatul Qodar yaitu amalan jihad di jalan Allah.

Seperti apa yang telah diajarkan Rasulullah Saw bahwa dakwah dan amar makruf nahi munkar, khususnya pada para penguasa zalim adalah amalan yang pahalanya setara dengan jihad. Jihad itulah yang harus kita lakukan saat ini agar mereka mau kembali kepada Islam dan menerapkan ajaran dan syariat Islam secara menyeluruh dalam bingkai khilafah yang mengikuti metode kenabian.

Hal itu merupakan usaha kita untuk menolong mereka dari segala kezaliman yang dirasakannya, karena apa yang menimpa saudara-saudara kita adalah akibat dari belum diterapkannya syariat Islam secara menyeluruh di muka bumi ini. Kaum muslim tidak mempunyai perisai untuk melindungi jiwa, kehormatan, harta dan akidah mereka.

Khilafahlah yang akan menolong dan mempersatukan umat muslim di seluruh dunia hingga segala kemuliaan teraih dan rahmat bagi seluruh alam pun tercapai.

Waallahu a'lam bi ash-shawab

Post a Comment

Previous Post Next Post