Kasau : Kuasailah Udara Untuk Melaksanakan Kehendak Nasional

Pangkalan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai menggelar upacara peringatan ke-73 HUT TNI Angkatan Udara secara sederhana, Selasa (9/4/2019) di Mako Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Upacara dipimpin oleh Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Soekadi dan diikuti seluruh personel Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danlanud I Gusti Ngurah Rai mengatakan, peringatan ke-73 Hari  TNI Angkatan Udara tahun 2019 ini, dilaksanakan secara sederhana.

“Konsep kegiatan peringatan tahun ini adalah ‘Pesta Rakyat’ sebagai manifestasi kemanunggalan TNI Angkatan Udara dengan rakyat, dan hasil-hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat,” ujar Kasau.

Lebih lanjut dikatakannya, peringatan ke-73 HUT TNI Angkatan Udara ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melestarikan nilai-nilai historis perjuangan TNI Angkatan Udara sejak awal berdiri.

Selain itu, sebagai evaluasi atas pencapaian yang telah diraih TNI Angkatan Udara sampai dengan hari ini.

Bagi para prajurit TNI Angkatan Udara , momen ini adalah saat yang tepat untuk menggali keterladanan pengabdian, semangat pantang menyerah, dan dedikasi para pelopor dan senior yang telah meletakan fondasi perjuangan TNI Angkatan Udara dalam membela Negara Kesatuan republik Indonesia.

“Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern,” tambahnya.

Pernyataan Presiden Soekarno saat peringatan ke-9 Hari Auri 1955 tersebut menegaskan bahwa TNI Angkatan Udara memiliki peran yang sangat strtegis dalam rangka menegakkan kedaulatan Negara.

Dalam sambutannya, Kasau juga  menyampaikan berbagai kemajuan TNI AU saat ini, serta proyeksi prioritas pembangunan TNI Angkatan Udara pada masa mendatang.

Kasau mengapresiasi kinerja seluruh personel TNI Angkatan Udara karena selama tahun 2018 dan triwulan pertama 2019, karena tidak ada peristiwa terjadi.

Kasau berharap dapat terus mengembangkan safety culture dan mempertahankan kondisi zero accident dan kehati-hatian dalam berperilaku di lingkungan masyarakat.

Kasau berharap pada pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang seluruh personel TNI Angkatan Udara dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik di internal, antar angkatan, serta antar lembaga pemerintahan, termasuk dengan Polri.

Seluruh Personel  TNI Angkatan Udara harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu tahun 2019.

"Tingkatkan kewaspadaan  dan kehati-hatian dalam berpelrilaku di lingkungan masyarakat, jangan mudah terprovokasi dan jangan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik TNI Angkatan Udara," tegas Kasau.

Upacara Memperingati ke-73 HUT TNI AU dihadiri LO Kodam Kolonel Lek Lili Irianto, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 5/ Daerah II Lanud I Gusti Ngurah Rai Ny Indah  Wibowo Cahyono Soekadi beserta pengurus dan Persatuan Purnawirawan TNI AU wilayah Bali.

Post a Comment

Previous Post Next Post