MAGELANG, --- Bintara Pembina Desa Kaponan (Babinsa) Sertu Adi Hartono anggota Koramil 08/Pakis, melakasanakan pendampingan pertanian membantu panen jagung dilahan milik Suradi (62), warga Dusun Pogalan Desa Kaponan Kecamatan Pakis, Rabu (13/03).

Sebagai motor penggerak dalam mensukseskan swasembada pangan, Babinsa selalu memberikan dorongan, baik tenaga maupun pengetahuan kepada petani, khususnya komoditi jagung.

"Jagung mempunyai peran strategis di sektor pertanian dalam peningkatan perekonomian masyarakat, sebagai babinsa selalu berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di desa binaannya dalam membina ruang pertahanan yang tangguh di bidang ketahanan pangan," tutur Sertu Adi Hartono.

Dalam membina masyarakatnya dia tak segan turut membantu dalam segala hal yang bersifat berguna, apalagi prajurit teritorial sekarang mendapat tugas tambahan yaitu ikut mensukseskan swasembada pangan nasional, maka secara langsung tanpa dimintai bantuan bila ada petani yang sedang mengerjakan hal-hal yang terkait pertanian akan turun ke lapangan membantu kesulitan yang dihadapi, seperti hari ini ikut membantu panen jagung.

Menurutnya, Untuk mendukung agar komoditi jagung tetap bisa bertahan dengan baik tentunya banyak hal yang perlu dilakukan oleh petani salah satunya yaitu penanganan pasca panen.

"Kami memberikan masukan kepada petani ada beberapa kegiatan dalam penanganan pasca panen yaitu pengeringan, karena kegiatan ini erat sekali dengan serangan jamur jika pengeringan tidak dilakukan dengan baik dan juga pengolahan lahan selanjutnya" tuturnya.

Sementara menurut Suradi, dengan adanya pendampingan dari Babinsa dirinya sangat terbantu sekali. Beberapa permasalahan yang sesekali terjadi seperti  kelangkaan pepuk dan benih unggul dapat dengan cepat teratasi, berkat koordinasi Babinsa bersama PPL serta pihak-pihak terkait.

"Saya hanya dapat mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Babinsa yang telah membantu saya dalam panen jagung kali ini. Dengan bantuan pak Babinsa panen kali ini mendapat hasil yang melimpah, semoga pak Babinsa selalu diberikan keberhasilan dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara. Terima kasih pak Babinsa," ungkap Suradi. (BonyM/08)
 
Top