Oleh: Ahmad farhan

1. Niat berbisnis ( kemauan yang kuat untuk memulai bisnis)

Sebelum memulai bisnis kita harus memilik itekad atau azzam yang kuat untuk menjadi pebisnis (pengusaha) dan siap menanggung segala resiko yang akan terjadi. Dimana segala hal yang di lakukan itu tergantung pada niat dan kesungguhan kita dalam mewujudkan impianya itu menjadi pengusaha sukses, sukses dalam artian ‘’sukses dunia dan sukses akhirat”. Dan mulailah untuk memantapkan hati dan menyakinkan diri sendiri sebelum memutuskan pilihan. Apabila masih setengah hati saat membangun usaha, pasti akan lebih mudah di jatuhkan oleh keadaan.

2. Persiapkan model usaha yang akan di jalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model usaha/bisnis apa yang akan dijalankan nantinya. Dan kita bisa mulai mencaritahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang atau sedang mem-buming saat ini, kita juga bisa menciptakan produk yang belum pernah di lakukan atau dibuat oleh masyarakat sekitar kita. Contohnya, kita membuat produk makanan khas tegal,yaitu “Olos”. Nah makanan khas tegal ini kita jual di daerah Riau-Pekanbaru, pasti banyak yang beli dan banyak peminatnya. Karna makanan kha stegal ini belum pernah atau jarang ada yang ngejual di daerah Pekan baru dan otomatis akan menarik perhatian pelanggan atau masyarakat sekitar. Atau bisa juga kita membuat sesuatu hal yang unik, yang belum pernah dilakukan atau dibuat oleh orang lain.

3. Jalankan bisnis yang kita kuasai dan fokus pada satu bisnis dulu

Setelah kita tentukan model bisnis kita, selanjutnya kita jalankan bisnis sesuai kemampuan kita atau potensi kita, baiknya kita kesampingkan dulu hal yang kita sukai dan fokus padahal yang kita kuasai. Pahami potensi atau keahlian kita, lalu terapkan kedalam bisnis kita. Misalnya, kita ahli dalam membuat kue nastar, Nah kita fokuslah pada produk kue nastar dan kita kembangkan keahlian atau potensi kita dalam membuat produk kue nastar tersebut.

4. Berpikir “Out of The Box”

Dan kitaharusberpikirkreatif (ATM) “Amati,Tiru,Modifikasi”. Dan kitajugamelihatpeluangbisnis.Misalnya, peluangbisniskitaada di sekolahan , nah kitaharusbikinproduk yang anaksekolahansukai, karna target kitaadalahanak SD. Dan kitajugabisamemanfaatkanataumenggunakankemampuandanjasa orang lain di dalambisniskita, karna di dalambisniskitajugamembutuhkantenagaataukemampuan(Ahli) dari orang lain untukmemajukanbisniskita.Dengansemakincanggihnyateknologizamansekarangini,kitabisaberdagangsecara online ataubahkanmendirikanperusahaan startup berbasis digital.

5. Siapkan “visidanmisi” yang jelas

Kita jugaharusmemilikivisidanmisi yang jelasdalamusahakita.Dengan di buatnyavisidanmisiinisupayakita tau arahdantujuankitakedepannyadalamberbisnis, sehinggamenjadipengusaha yang sukses. Hal terpentingsaatakanmemulaiusahaialahmembuatrencanabisnis  yangmemilikifleksibilitasdaninnovasibisnis di dalamnya, janganlupasertakan “visidanmisi” yang jelas.

6. Siapkan modal usaha

Dan hal yang paling pentingjugayaituharussiapkan modal usahakitasebelummemulaiberbisnis.Pastikanapakah modal bisniskitaberasaldaridanapribadiataudanadarihasilpatungan. Dan apabiladarihasilpatungan, makapastikansemuanyadiatursecarajelas, hitamdiatasputih.Agar nantinyatakada yang merasa di rugikansaatbagihasil.

7. Pilih SDM yang tepatdanprofesional

Sumberdayamanusiaadalahsalahsatufaktor krusialapakahbisniskitadapatbertahanatautidak.Sebabtidakmungkinkitamengelolasemuanyasendirian.Dan pastikan SDM yang kitapekerjakanataukitapilihbisamendatangkanmanfaatdankeuntungan yang besarbagiproyekbisniskita (profesional).

8. Mental baja

Ketika kita berbinis mental kita harus kuat dan jangan mudah tuk putus asa apalagi sampai menyerah, harus sering mencoba, gagal coba lagi.... terus lah begitu.... ,sehingga kita akan menemukan yang namanya kesuksesan atau keberhasilan yang sesungguhnya dari hasil kerja keras kita.  Dan dalam berbisnis kita pasti akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika kita di hadapkan pada kondisi ini, jangan mudah memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah kita mulai sayang jika tidak kita selesaikan. Karna di setiap proses bisnis kita ini tidak lah mudah, butuh perjuangan dan pengorbanan waktu,uang, dan yang pastinya tenaga dan pikiran kita. Karna untuk mensuskseskan bisnis kita tidak semudah apa yang kita bayangkan, pasti ada aja gangguannya, maka dari itu mental kita harus kuat dan jangan sampai kita menyerah. Dan jadikan pengalaman kita sebagai modal berharga agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

9. Action

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “Memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat di perlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses di dapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi selain materi yang kita perlukan yaitu  “Action (Memulai bisnis)”. Tanpa kita memulai, tidak akan berhasil apa yang kita citakan atau impikan dalam bisnis atau usaha kita.

 
Top