Suryadi,S.Pt  Ketua harian kwarcab Sarolangun
Saat serah terima bendera kebesaran pramuka dengan salah seorang pelatih
N3,Sarolangun, Kursus Pembina pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang diikuti 30 orang peserta yang nantinya sebagai pembina pramuka golongan penggalang . bertempat diasrama gedung BLK Sarolangun resmi ditutup oleh ketua harian kwartir cabang (Kwarcab). Jum’at (23/11) kemarin.

Acara yang berlangsung sejak 18 hingga 23 Nopember  tersebut, merupakan program Kwartir Cabang Sarolangun adapun sumber dana disebutkan yaitu melalui Dana ibah pengkab Sarolangun, dan dirumuskan bersama Kwarcab gerakan pramuka Sarolangun  guna pelaksanaan kegiatan Kursus pembina pramuka Mahir tingkat lanjut (KML).

Suryadi,S.Pt  Ketua harian kwarcab mengatakan, cabang sarolangun memiliki target dalam kegiatan KML sebagai calon Pembina tingkat penggalang,

”Sebenarnya untuk KML ini target kita jumlah pesertanya hanya 40 orang namun yang mengikuti ternyata sampai hari terakhir ini ada 30 orang. Jika melihat jumlah ini, tentunya animonya cukup banyak dan patut untuk kita syukuri,”. Kata Suryadi.

Suryadi juga menjelaskan, 120 yang lulus KMD perbandingan dengan jumlah sekolah dan murid dinilai seimbang seimbang dengan jumlah Pembina lulusan KMD. Dan juga dirinya berharap kepada pembina yang lulusan KMD bisa membina sekolah - sekolah yang ada disarolangun dan juga melakukan evaluasi serta monitoring pada gugus depan.
Terkait pramuka garuda Suryadi menerangkan, penilaian pramuka garuda gugus depan harus melaporkan ke Kwarcab  supaya supervisi oleh Kwarcab. Dan identitas serta domisili calon anggota pramuka garuda harus jelas.

”Seorang pembina bisa dikatakan berhasil jika mampu melahirkan adik binaan pada setiap jenjang pada satu tingkatan hingga pramuka garuda. Dan seorang pembina harus punya target serta tekad yang kuat. Sebagai Pembina juga harus mempunyai target untuk suatu pencapaian. Percayalah, ilmu yang kita peroleh saat ini tidak nampak hasilnya jika tanpa target kedepan”. Tandas Suryadi

Adapun target pada tahun ini Kwarda dan Kwarcab  akan melantik minimal 10 anggota pramuka garuda dari tiap tingkatan. Baik itu penggalang, penggalang, penegak, maupun Pandega. Dengan targe itu, bisa diturunkan ke Kwartir Ranting (Kwarran) hingga ke gugus depan, minimal 1 tahun memiliki 1 pramuka garuda dari setiap tingkatnya sehingga peran dan fungsi dari Pembina bisa terjawab.
Selain itu KML yang baru saja ditutup, memiliki 30 peserta dinyatakan lulus 100 persen dan berhak mendapatkan ijazah namun masih ada Narakarya  yang harus mencapai Pembina dengan pita mahir dan surat hak bekerja atau SHP yang dikeluarkan oleh Kwarcab melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat).  (nal)
 
Top