(Photo : ilustrasi)
Sarolangun, Dalam pemetaan bakat minat anak atau peserta didik SMAN 7 sarolangun menggunakan jasa psikolog dalam menempatkan jurusan sesuai kemampuan peserta didik . Informasi tersebut disampaikan oleh kepala sekolah SMAN 7 Sarolangun bahwa kegiatan test psikologi sangat dipercaya dan secara ilmiah dapat dipertanggung jawabkan.

Kepada Media ini Kepala SMAN 7 Sarolangun mengatakan sebelum penentuan jurusan setiap peserta didik baru harus mengikuti test psikologi sesuai bakat dan keinginan siswa,

“ Test ini sangat bermanfaat dalam pemetaan jurusan dan untuk kepribadian anak. Secara ilmiah kegiatan ini bisa dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. Sebab untuk mengetahui tingkat kecerdasan, kepribadian juga bakat dan keinginan anak sangat dibutuhkan sebuah pemetaan. Sehingga guru bukan sekedar mengetahui dan harus memahami kemampuan pada setiap individu anak dan itu sangat membantu dalam  proses belajar di sekolah “. Jelas Patimah,S.Pd.M.Pd Kepala Sekolah SMAN 7 Sarolangun.

Lebih lanjut patimah menjelaskan test psikologi bukan sekedar untuk siswa saja namun juga ada hal penting yang sangat diperlukan yakni peran serta orang tua dalam pendidikan anak,

“ Selain test psikologi peserta didik ada parenting meeting yang tujuannya untuk mengikutsertakan peran orang tua dalam pendidikan dan prilaku dirumah. Jadi, disamping pendidikan disekolah peran orang tua dirumah sangat penting untuk pendidikan, perkembangan, prilaku anak menuju harapan baik guru murid dan juga orang tua “. Paparnya. (Nal)  
 
Top