N3, Painan,--- Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pessel gelar nonton bareng (nobar) pemutaran film gerakan tiga puluh september partai komunis indonesia atau biasa juga disebut dengan G30S/PKI bersama masyarakat dan siswa sekolah,pada Sabtu (29/9) malam.

Kegiatan yang diikuti oleh berbagai masyarakat dari berbagai kalangan ini,turut dihadiri oleh oleh Bupati kabupten pessel dan juga Kapolres Pessel (diwakilkan) beserta jajaranya.

Dandim 0311/Pessel mengungkapkan kegiatan pemutaran film G30S/PKI yang tengah berlangsung ini  sebagai pengingat untuk kita semua terutama genersi muda sebagai genersi penerus.

"Bahwa dinegara kesatuan indonesia pernah terjadi suatu kudeta yang dilakukan oleh partai komunis atau yang juga dikenal dengan PKI pada 30 september 1965,namun tdk berhasil,"Sebut Dandim".

Dandim 0311/Pessel juga menyebutkan penghianatan PKI merupakan bahaya laten yang tidak sesuai dengan pancasila sebagai dasar negara kesatuan Indonesia.

"Harus kita cegah bersama-sama agar tidak timbul kembali dan berkembang dinegara kesatuan indonesia yang merupakan negara pancasilais,salah satunya dengan pemutaran kembali menjelang tanggal 30 september,"sebutnya".

Dandim juga berharap,dengan adanya pemutaran film ini diharapkan kita semua terutama genersi muda mengerti tentang sejarah kelam bangsa ini.serta semakin cinta dengan pancasila

"Sehingga tidak mudah disusupi oleh ideologi-ideologi lain yang bertentangan dengan pancasila sebagai dasar negara,seperti bahaya laten atau komunis,"tutup Dandim".

Sementara itu Bupati Kabupten Pesisir Selatan H.Hendra Joni juga mengungkapkan apresiasi dengan pelaksanaan nobar G30S/PKI yang sudah digagas oleh Kodim 0311/Pessel ini.

"Hal ini cukup positif, sejarah - sejarah perjungan perlu di ketahui oleh generasi muda kita, khusunya kalangan pelajar.Untuk itu para generasi muda, para pelajar kita bisa mengambil hikmah dari sejarah perjuangan para pahlawan kita"Tambah Bupati Pessel".(ry)

Sumber : Pendim 0311/Pessel
 
Top