N3, Lombok - Kedatangan rombongan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah disambut hangat Bupati Lombok Utara Tuan Guru DR. H.Najmul Ahyar, SH, MH beserta masyarakat Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (26/9/2018).

Pada kesempatan ini, Walikota Mahyeldi Ansharullah membawa "buah tangan" bagi warga setempat yang menjadi korban gempa 29 Juli lalu. Buah tangan tersebut berupa bantuan sebesar Rp. 1,25 milyar untuk pembangunan madrasah dan musala yang runtuh akibat gempa.

"Walaupun sedikit yang dapat kami bantu, namun kami harap bermakna sebagai penguat hubungan persaudaraan, baik sesama anak bangsa terlebih lagi sebagai saudara seagama," kata Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi mengatakan, masyarakat Kota Padang turut merasakan kesedihan masyarakat Lombok karena juga mengalami musibah yang sama 2009 lalu. Waktu itu hampir semua infrastruktur lumpuh, 70 persen rumah penduduk rusak dan korban jiwa hampir limaratusan.


Mahyeldi yang didaulat memberikan tausiyah dalam kesempatan ini memotivasi warga agar tetap bersemangat menatap masa depan. Warga diminta bersabar dan tetap mendekatkan diri kepada Allah serta menjajaga keimanan. Semua yang terjadi pasti agar diambil hikmahnya.

"Tetap bersabar, dekatkan diri kepada Allah seraya memperkuat kualitas iman. Dibalik musibah ini ada hikmah yang bisa kita ambil sebagai pelajaran," ujar Majyeldi.

Sementara itu Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah dan masyarakat Kota Padang yang telah membantu membangun sarana pendidikan yang rusak. Hal ini meperkuat lagi hubungan kedua daerah yang memiliki kesamaan secara budaya dan akidah.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kota Padang yang telah membantu. Hal ini menjadi penguat silaturahim antara Padang dan Lombok Utara," kata Bupati.

Ia menyebut, bantuan dari pusat untuk pembangunan rumah penduduk yang rusak juga akan dicairkan. Sebesar Rp.50 juta untuk rusak berat, Rp.25 juta rusak sesang dan Rp.10 juta untuk yang rusak ringan. Sedangkan rumah penduduk yang rusak terdata sebanyak 28.000 unit.

"Mudah-mudahan bantuan pusat segera cair," tukasnya.

Penyerahan bantuan dari Walikota Padang diterima Ketua Baznas Lombok Utara, disaksikan  Ketua Baznas Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Ketua Baznas Kota Padang serta beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang.

Setelah penyerahan batuan secara simbolis dilanjutkan dengan prosesi peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan madrasah. (Der)
 
Top