N3, Magelang - Keberadaan Satgas TMMD reguler 102 Kodim 0705/Magelang di Desa Gandusari Bandongan tinggal sebentar lagi. Program terpadu yang dibuka pada Selasa (10/7) sebulan yang lalu tersebut sudah menyelesaikan beberapa sasaran pembangunan baik fisik maupun non fisik, dan akan berakhir esok.

Kegiatan yang dikerjakan bersama instansi terkait dan keterlibatan masyarakat Desa Gandusari kali ini menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap institusi TNI sebagai motor dilapangan, meskipun secara tidak langsung, instansi terkait juga ada didalamnya. Namun berkat keterlibatan TNI langsung dilapangan membuat warga setempat  punya kesan yang mendalam selama sebulan bergaul bersama.

Program yang langsung menyasar kepada masyarakat kurang mampu seperti jambanisasi sudah diwujudkan dalam TMMD kali ini. Pembangunan  (RTLH)  rehap rumah tidak layak huni pun sudah dikerjakan sesuai yang diberikan dan selesai tepat sasaran.

Pembangunan jalan menuju bukit  Wisata Sleker tempat warga Gandusari mencari nafkan di bukit wisata pun sudah dibayar lunas pengerjaanya oleh satgas dilapangan. Meskipun dari kesekian program yang sudah terwujud ada keterlibatan instansi terkait yang andil didalamnya. Namun semua itu tidak akan pernah terealisasi tanpa bantuan dari warga setempat dalam mendukung program TMMD teguler 102 saat ini.

Rohayati (24), Warga Dusun Kreo menuturkan keberadaan satgas dilapangan yang sudah bergaul selama sebulan lamanya, tentu meninggalkan kesan yang tersendiri dihati warga masyarakat Gandusari.  Suka dan duka dilapangan mereka rasakan ketika  menyelesaikan sasaran yang harus segera dikerjakan dengan tepat waktu, mengingat program  TMMD yang hanya berjalan satu bulan tersebut.

“Pergaulan satgas di lokasi  yang tidak mengenal  perbedaan diantara mereka ternyata banyak mengundang simpatik bagi masyarakat Gandusari, bahkan ada yang ingin menambah masa kerja para personil satgas untuk berlama-lama tinggal dikampung halaman mereka, "ungkap Rohayati.

Rohayati  yang hampir tiap hari bergaul dengan bapak TNI merasa senang, sebab bapak-bapak suka bermain kerumah hanya sekedar ngobrol dan minum kopi, bahkan sering mengajak bermain dengan anak semata wayangnya. Bukan hanya itu, bapak TNI juga suka membantu masyarakat sekitar disaat ada kesusahan. "Tuturnya.
Kesan positif juga terucap dari Afifudin (35) warga Kreo yang kebetulan tokoh pemuda setempat. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI yang sudah sebulan tinggal dikampung halamanya dalam rangka tugas TMMD reguler 102.  Khususnya para pemuda Desa Gandusari merasa bersyukur bisa bergaul dengan bapak Tentara. Banyak hal pengalaman yang positif yang bisa kami ambil hikmahnya dari pergaulan kami selama ini. Keberadaan satgas dikampung kami dapat memotifasi semangat para generasi muda untuk meningkatkan hasil  karya yang lebih positif demi meraih masa depan. "Ungkapnya". (*)
 
Top