N3, Magelang - Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan jiwa kebangsaan terhadap generasi muda,  Danramil 13/Mungkid Kapten Arm Untung Supriyanto memerintahkan  agar para Babinsa menjadi pembina upacara bendera di tiap sekolah, dari  SD, SMP maupun SMA /sederajat di Kecamatan Mungkid. Salah satunya  adalah Babinsa Serka Agus Purnomo,  yang pagi ini menjadi pembina upacara  di SMK Muhammadiyah Mungkid, Senin (6/8). 

Serka Agus Purnomo mengatakan, hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi bergesernya nilai-nilai Nasionalisme, generasi muda harus mampu membentengi diri dan menanamkan disiplin , sadar akan kebangsaan, memiliki rasa persatuan dan kesatuan, cinta tanah air dan kesadaran bela negara yang tinggi. 

Serka Agus dalam amanatnya dihadapan  800 orang siswa mengatakan, "tidak nampaknya nilai-nilai perjuangan bangsa akibat tergerus masuknya budaya asing di era globalisasi yang dinilai lebih modern, serta cepat dan praktis dikhawatirkan terus melanda generasi muda sekarang. Gejala ini tampak, lunturnya berbagai tatakrama, budaya tawuran yang akan memecah rasa persatuan dan kesatuan serta budaya narkoba yang merusak bangsa.

Kepala SMK Muhammadiyah Drs.Paino ,M.Pd menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari bapak-bapak Babinsa sehingga siswanya bisa dibekali rasa cinta tanah air sejak dini, semoga kegiatan ini selalu ada di semua daerah karena sangat bermanfaat bagi generasi muda yang nanti akan menjadi penerus bangsa ini.(13)
 
Top