Manager PT PLN (Persero) Sektor Teluk Sirih, I Nyoman Buda bersama para undangan dan penerima bantuan.
N3, Sumbar _ PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (Kit SBS) Sektor Teluk Sirih, melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) kembali menunjukan kepedulian terhadap kaum duafa yang ada di sekitar wilayah perusahaan.
Itu dibuktikan dengan penyerahan sebanyak 150 paket sembako kepada masyarakat tidak mampu. Total paket sembako senilai Rp 60 juta yang diserahkan atau sekitar Rp 400 ribu per paketnya itu, berasal dari dana zakat yang dihimpun dari seluruh karyawan perusahaan.
”Kami juga melakukan penggalangan dana dari seluruh pegawai yang ingin melakukan penyaluran lebih dari pada yang dipotong zakatnya. Tidak hanya zakat, kepedulian juga kita tunjukan melalui program CSR dan pendidikan,” kata Manager PT PLN (Persero) Sektor Teluk Sirih, I Nyoman Buda dalam kegiatan penyerahan bantuan sembako di PLTU Teluk Sirih.
Dijelaskan, tahun ini, penyaluran zakat melalui wadah yang sebelumnya bernama Laziz ini, jumlahnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 250 ribu per paketnya. Ini membuktikan tingginya keinginan karyawan untuk mengeluarkan zakatnya.
Bantuan paket sembako tahun ini, sengaja disalurkan di bulan Syakban, atau menjelang bulan puasa. Ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kaum duafa, sehingga mereka bisa lega dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini.
Selain itu, PLTU Teluk Sirih juga membuka kesempatan kepada anak masyarakat yang tak mampu namun berprestasi, untuk mendapatkan beasiswa. Di mana tahun lalu, ada sebanyak 30 siswa tak mampu yang mendapatkannya, dengan total anggaran sekitar Rp 68 juta.
Tahun ini, program tersebut bakal kembali dilanjutkan. Dengan harapan, para siswa tidak mampu juga memiliki masa depan yang lebih layak dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga mereka dari tidak mampu menjadi lebih baik lagi.
Untuk program pintar ini, PLTU Teluk Sirih sudah menghabiskan dana sekitar Rp 68 juta yang kini tinggal menunggu pencairan dari pusat. Kemudian nantinya juga ada program pemberdayaan masyarakat yang kini sedang digodok. Di mana, jumlah dana yang akan disalurkan melebihi Rp 100 juta.
”Mereka penerima program pemberdayaan masyarakat ini adalah Kelompok masyarakat. Misalnya suatu kelompok masyarakat nelayan. Apa yang mereka butuhkan itulah yang nantinya akan kami kaji, sejauh mana manfaatnya bagi pengembangan ekonomi anggota kelompok,” sambung Ketua YBM PT PLN (Persero) Sektor Teluk Sirih, Elfita Burnama.
Pria yang akrab disapa Buya ini mengaku, perkembangan dana zakat yang dihimpun YBM dari tahun ke tahunnya, terus mengalami peningkatan. Di mana tahun lalu baru sebesar 40 persen, sedang tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 100 persen.
Dia berharap, persentase itu bisa dipertahankan, sehingga program-program yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat tidak mampu yang ada di sekitar lingkungan perusahaan, bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.
Hadir pada penyerahan bantuan tersebut, perwakilan dari pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Lurah, serta sejumlah tokoh masyarakat di Bungus Teluk Kabung. Kegiatan itu juga diisi dengan pengajian ceramah dari uztadz Restawardi, shalat Zuhur berjamaah serta makan siang bersama, dan penyerahan bantuan.(zul)
 
Top